Ini Penyebab Jaringan Telkomsel Down di Tanggamus-Pringsewu

Ini Penyebab Jaringan Telkomsel Down di Tanggamus-Pringsewu

KOTAAGUNG--Sebagian besar masyarakat Tanggamus mengeluhkan gangguan jaringan milik provider Telkomsel. Signal Telkomsel down atau hilang total sejak Senin pukul 12.00 WIB. Selain menggangu aktivitas masyarakat yang bergantung pada telepon seluler ataupun sinyal internet, gangguan jaringan ini juga membuat kegiatan webinar atau video conference bupati Tanggamus beserta jajaran dengan pemerintah pusat terpaksa urung dilaksanakan. Maridi salah satu staf di Dinas Kominfo Tanggamus yang bertugas untuk meliput jalannya menuturkan, gangguan jaringan internet sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB.\"Parah ini gangguannya, sama sekali tidak ada sinyal, bukan hanya provider Telkomsel saja, jaringan indihome Telkom juga gangguan,\" kata dia. Sementara ,Kepala Dinas Kominfo Tanggamus, Sabaruddin membenarkan adanya gangguan jaringan tersebut. Menurut dia, sejatinya bupati Tanggamus beserta jajaran OPD akan mengikuti webinar Kebijakan pembelajaran dimasa Pandemi Covid 19 dengan pembicara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). \"Harusnya dimulai pukul 13.00 WIB, tapi karena di sini gangguan jaringan maka tidak bisa. Kebetulan pihak kementerian yang menangani webinar ini memutuskan untuk menunda pelaksanaan menjadi Selasa 1 September 2020 pukul 10.00 WIb, kami juga tidak tahu apa alasan penundaan,kalau disini memang ada kendala teknis yakni jaringan,\"ujar Sabaruddin. Keluhan juga disampaikan ,Manzori warga Pekon Kagungan Kecamatan Kotaagung Timur. Menurut dia, hal ini merupakan kali keduanya jaringan Telkomsel down dalam waktu lama.\"Dari siang sampai ba\'da magrib gangguannya, total tidak ada sinyal,\" kata dia. Sementara Corporate Communication Region Sumbagsel Telkomsel, Gumilar Henda Nugraha Ali membenarkan adanya gangguan jaringan Telkomsel di wilayah Tanggamus dan Pringsewu. Dirinya menegaskan bahwa gangguan kali ini tidak ada hubungannya dengan kejadian beberapa waktu lalu yakni kebakaran kantor Telkomsel di Pekanbaru, Riau. \"Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan yang dirasakan pelanggan di wilayah Kabupaten Pringsewu dan Tanggamus. Ketidaknyamanan ini terjadi karena kabel fiber optic yang terputus sebagai dampak dari pekerjaan penggalian jalan,\" ujar Gumilar kepada Radar Tanggamus, Senin petang (31/8) Secara proaktif, lanjut Gumilar, tim Telkomsel langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan upaya perbaikan, dan pada pukul 18.30 WIB layanan sudah berfungsi normal. \"Telkomsel selalu mengupayakan percepatan untuk meningkatkan kualitas layanan demi dapat melayani lebih baik lagi, sehingga kedepannya pelanggan semakin merasakan kenyamanan menggunakan produk Telkomsel,\"pungkasnya.(ral)

Sumber: