Beruang Kembali 'Teror' Warga Kacapura

Beruang Kembali 'Teror' Warga Kacapura

Warga Kacapura Kecamatan Semaka saat menunjukkan log madu budidaya yang dirusak beruang. Foto Ist--

SEMAKA--Konflik satwa liar dengan manusia kembali terjadi di Kabupaten Tanggamus, usai gajah dan buaya, kini hewan buas Beruang Madu yang meneror warga di Pekon Kacapura Kecamatan Semaka.
 
Beruang madu tersebut muncul ke pemukiman warga Kacapura tersebut dengan memakan serta merusak budidaya madu yang dibudidayakan oleh warga.
 
"Satu log (kotak) madu yang dimakan beruang, selain itu log madu lainya dirusak," kata Kepala Pekon Kacapura Faiquturrohmah.
 
Beruang tersebut masuk ke sekitar pemukiman dan merusak budidaya madu milik warga pada Jumat (5/5) Dini Hari sekitar Pukul 00.01 WIB. "Kejadianya malam," ujarnya.
 
Terkait kemunculan beruang tersebut, Ia mengaku, pemerintah pekon telah berkoordinasi dengan Tim Satgas Konflik Satwa Liar, BKSDA, TNBBS dan Polhut. 
 
Diketahui sebelumnya, pada Februari lalu beruang yang diketahui berjumlah dua ekor juga masuk ke Pekon Kacapura tepatnya di Dusun 3 RT 6 dan merusak puluhan batang tanaman kelapa yang baru ditanam warga.
 
Menurut Kepala Pekon Kacapura Faiquturrohmah, jarak antara pemukiman warga yang ada di Dusun 3 RT 6 dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) memang cukup jauh. Namun, sejak dulu memang sudah sering satwa liar masuk ke pemukiman warga.
 
"Bukan hanya beruang aja, dulu malah ada gajah lewat depan rumah saya, waktu saya jadi kepala pekon pertama," ungkapnya. (uji)

Sumber: