Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Sekolah ke Turki

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Sekolah ke Turki

Foto Ilustrasi Net--

RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Beberapa waktu belakangan ini, Turki sering kali menjadi tujuan wisata masyarakat Indonesia. Negara ini dikenal memiliki banyak destinasi wisata menarik dan mendunia. Salah satu kota di Turki yang banyak dikunjungi adalah Istanbul. Keindahan kota ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. 

Biasanya wisatawan Indonesia datang ke negara ini pada momen liburan sekolah. Mereka berwisata bersama keluarga dan teman-teman. Untuk berkunjung ke sini, wisatawan dari Indonesia dapat menggunakan maskapai penerbangan  Turkish Airlines . Tiket maskapai ini bisa didapat di aplikasi Traveloka. Beli tiket penerbangan di Traveloka jadi lebih mudah dan aman dengan adanya fitur easy reschedule dan refund Traveloka.

Setelah mengamankan tiket perjalanan, sebelum berangkat liburan ke Turki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berwisata ke sana!

 

Turki Memiliki Empat Musim

Turki merupakan negara Islam yang masuk kawasan Benua Eropa. Sama halnya dengan negara Eropa pada umumnya, semua daerah Turki mengalami empat musim. Pada saat liburan sekolah tengah tahun, negara ini akan memasuki musim panas. 

Anda bisa menyesuaikan jenis pakaian yang dibawa dengan kondisi cuaca di Turki. Hal ini juga akan membuat isi koper menjadi lebih efisien. Satu hal yang perlu diketahui, jangan menggunakan celana terlalu pendek dan baju terbuka di sini. Sebab, akan menjadi perhatian negatif masyarakat lokal, terutama daerah yang lebih rawan.

Selalu Sedia Uang Tunai

Saat berada di kota-kota besar seperti Istanbul, Ankara, dan Izmir, wisatawan bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Namun jika berada di kota kecil, wisatawan harus selalu membayar uang tunai untuk pembayaran. Tidak lupa sediakan uang receh untuk ongkos taksi, tip pelayanan, dan toilet umum.

Seperti diketahui, mata uang Turki adalah Lira. Untuk memudahkan, Anda bisa menukar Rupiah ke Lira sejak berada di Indonesia. Penukaran uang juga bisa dilakukan di bank atau kantor konversi mata uang di kota.

Cipika-cipiki Jadi Sapaan Umum di Turki

Secara umum masyarakat Turki terkenal ramah dan penyayang. Hal ini bisa terlihat dari cara mereka menyapa orang lain. Pada pertemuan pertama dengan orang yang baru dikenal, mereka cenderung berjabat tangan. Namun, saat bertemu dengan teman atau orang yang sudah kenal, sapaan dilakukan dengan cara mencium pipi kanan dan kiri.

Banyak juga warga setempat yang menggabungkan dua kebiasaan tersebut. Setelah berjabat tangan, lalu mereka lanjutkan dengan cipika-cipiki. Jangan kaget dengan sapaan tersebut.

Gunakan Bus untuk Mobilisasi

Sumber: