Awas, Banyak Buaya di Sungai Semaka

Awas, Banyak Buaya di Sungai Semaka

Buaya saat berjemur di sungai Way Semaka. Warga diimbau untuk tidak beraktivitas di sungai. Foto Dokumentasi Radar Tanggamus--

WONOSOBO, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Warga Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo, diimbau untuk tidak beraktivitas di sungai guna mencegah konflik dengan buaya. 
 
"Kami imbau kepada masyarakat Pekon Banjarsari agar tidak beraktivitas di sungai, karena sekarang sudah banyak buaya di aliran-aliran sungai," kata Kepala Pekon Banjarsari Edi Purwanto, belum lama ini.
 
Ia mengaku, beberapa waktu lalu ada warga Pekon Banjarsari yang digigit buaya saat beraktivitas di Sungai Semaka. Beruntung korban yang diketahui bernama Mujirah bisa selamat, namun mengalami luka serius pada bagian lengan tangan akibat gigitan buaya.
 
"Aparat Pekon bersama Tim dari KSDA sudah berupaya mengedukasi serta mengingatkan warga agar tidak beraktivitas di sungai, melalui sosialisasi langsung maupun pemasangan banner imbauan di sekitar sungai," terangnya.
 
 
Ia berharap kedepan tidak ada lagi masyarakat khususnya di Pekon Banjarsari yang menjadi korban buaya ganas di Sungai Semaka maupun sungai-sungai kecil disekitarnya.
 
"Ya, harapan kami, masyarakat tidak ada lagi yang jadi korban. Karena sudah cukup banyak masyarakat disini yang diserang buaya saat beraktivitas di sungai," ungkapnya.
 
Sekadar diketahui, sejak tahun lalu sedikitnya sudah tiga warga yang diserang buaya saat beraktivitas disungai. 
 
Pada tahun lalu, Yatimah, warga Pekon Sidodadi, Kecamatan Semaka diserang buaya saat mencuci pakaian di sungai Semaka. Beruntung gigitan buaya itu bisa terlepas dan ia langsng dilarikan ke rumah sakit untuk dapat pertolongan medis. 
 
(uji)
 
 

Sumber: