Warga Soponyono Minta Sungai Way Liwok Dinormalisasi

Warga Soponyono Minta Sungai Way Liwok Dinormalisasi

Sungai Way Liwok saat ini kondisinya sudah dangkal, warga di Dusun II Pekon Soponyono Kecamatan Wonosobo berharap agar sungai tersebut bisa di normalisasi. Foto Uji Mashudi--

WONOSOBO, RADARTANGGAMUS.CO.ID- Warga yang tinggal di Dusun II,  Pekon Soponyono, Kecamatan WONOSOBO, Kabupaten Tanggamus, mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus melakukan normalisasi sungai Way Liwok.

 

Pasalnya, saat ini kondisi sungai tersebut sudah dangkal serta aliranya berkelok-kelok.

 

Menurut warga setempat Ari, kondisi sungai yang demikian membuat volume air sungai cepat naik jika terjadi hujan deras dan sering meluap ke pemukiman warga di Dusun II.

 

"Hampir setiap hujan deras air sungai selalu meluap. Bahkan bukan hanya rumah penduduk aja yang terendam banjir, tetapi juga areal persawahan," katanya, belum lama ini.

 

Menurutnya, untuk mengatasi banjir tersebut aliran sungai harus dinormalisasi sehingga aliran air bisa kembali lancar dan tidak meluap kembali ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

 

"Ya, harapan kami sungai ini segera dinormalisasi, karena kalau terus dibiarkan lama kelamaan akan semakin dangkal dan pemukiman penduduk serta areal persawahan akan terus terendam banjir," ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala Pekon Soponyono Agung Trihatmoko mengaku sudah mengusulkan normalisasi sungai ke Pemerintah Kecamatan Wonosobo.

Menurutnya, ada sekitar 300 meter panjang sungai yang harus dinormalisasi.

Sumber: pekon soponyono