Batu Bedil, Situs Prasejarah Yang Wajib Dikunjungi

Batu Bedil, Situs Prasejarah Yang Wajib Dikunjungi

Foto internet--

RADARTANGGAMUS.CO.ID- Situs Batu Bedil, Kabupaten Tanggamus, adalah salah satu situs peninggalan masa Pra Sejarah di Lampung

 

Situs yang secara administratif berada di Pekon Batu Bedil Hilir, Kecamatan Pulau Panggung,

 

secara Geografis situs yang diperkirakan oleh para arkeolog merupakan peninggalan era Megalitikum ini terletak pada koordinat 05o 18’ 07,4” LS dan 104o 40’ 59,0” BT. 

 

Situs ini berada di tepi jalan utama yang menghubungkan empat Pekon yaitu Pekon Batu bedil, Pekon Sumbermulya, Pekon srimanganten dan Pekon Air Bakoman, selain itu berada dipemukiman penduduk yang padat.

 

Penjelasan dimulai dari bagaimana asal muasal dari nama Batu Bedil itu sendiri, yang konon adalah berasal dari berbagai fenomena aneh yang dirasakan oleh warga setempat berkenaan tentang tempat yang dahulu masih berupa hutan ini. 

 

Masyarakat sering kali melihat adanya sinar yang terang dimalam hari dan juga suara ledakan atau tembakan dari area sekitar lokasi Situs ini.

 

Selanjutnya warga setempat mulai membuka area ini dan ditemukan sebuah batu-batuan yang kemudian dinamakan dengan batu bedil (yang dalam artian beberapa bahasa adalah senapan atau tembak). 

 

Sumber: