Transportasi Laut Wajib Utamakan Keselamatan

Transportasi Laut Wajib Utamakan Keselamatan

Kapal penyeberangan jurusan Pematangsawa-Pulau Tabuan saat sedang bersandar di Pelabuhan Kotaagung. Dishub Tanggamus mengimbau pengelola kapal penyeberangan untuk memperhatikan alat keselamatan. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanggamus mengimbau kepada para pemilik transportasi laut lokal memperhatikan keselamatan pelayaran. Pasalnya, cuaca di perairan Tanggamus terkadang tidak menentu.

 

"Kita imbau kepada angkutan penumpang transportasi laut agar mengutamakan keselamatan dan lebih berhati-hati saat berlayar," kata Kepala Dishub Tanggamus Drs. Herli Rakhman.

 

Menurutnya, Dishub Tanggamus sudah sering mensosialisasikan kepada pemilik kapal tentang antisipasi dan keselamatan dalam pelayaran.

 

Meski demikian, ia mengaku, masih ada saja angkutan umum yang mengabaikan alat keselamatan.

 

"Sudah sering kita sosialisasikan meskipun masih ada saja yang membandel. Tapi rata-rata kapal rute Kotaagung - Pematangsawa - Cukuh Balak memang sudah sedia pelampung meskipun jumlahnya tidak memadai," ungkapnya.

 

Tidak hanya itu, pemeriksaan armada angkutan umum seperti memeriksa mesin dan bagian kapal lainya juga sangat penting dilakukan sebelum berlayar. 

 

Dia juga meminta pihak penyedia jasa angkutan penumpang untuk memperhatikan kapasitas angkut muatan.

 

Sumber: