Aplikasi SIPESTA RATU Permudah Penyusunan Neraca Pengelolaan Sampah

Aplikasi SIPESTA RATU Permudah Penyusunan Neraca Pengelolaan Sampah

--

KOTAAGUNG, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus pada akhir tahun 2020 membangun sebuah aplikasi berbasis android yakni SIPESTA RATU ( Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Tanggamus Tamah Amanah Tangguh Dan Unggul). 

 

Kemudian, Aplikasi ini pada tahun 2021 sudah dapat diunduh oleh market place (Play Store).

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanggamus Kiemas Amin Yusfi melalui Sekretaris A. Rahman mengatakan, Aplikasi SIPESTA RATU dibangun untuk mengatasi permasalahan dalam penyusunan neraca pengelolaan sampah.

 

Sebab, sebelumnya dalam menyusun penyusunan neraca pengelolaan sampah masih menuai banyak kendala diantaranya seperti luasnya cakupan pengumpulan data lapangan berupa data timbulan sampah dari seluruh komponen penghasil sampah seperti rumah tangga, perkantoran, sekolah, fasilitas kesehatan, fasilitas umum, dan lainya. 

 

Kemudian masalah lainya yakni, kegiatan pengelolaan sampah sudah dilaksanakan namun pencatatan secara mabual dalam bentuk log buk masih jarang dilakukan, sedangkan data yang dikumpulkan dalam satuan ton per hari, artinya pencatatn harus rutin dilakukan. 

 

Selain itu, kurangnya SDM yang bertugas mengumpulkan data pengelolaan sampah di lapangan juga menjadi salah satu kendalanya.

 

"Dengan adanya Aplikasi SIPESTA RATU yang dirancang sesederhana mungkin untuk memudahkan pengguna, namun sesuai dengan kebutuhan data yang diperlukan untuk menyusun Neraca Pengelolaan Sampah," kata A. Rahman.

 

Sumber: