Fakta Tentang Kabupaten Mukomuko Yang Jarang Diketahui

Fakta Tentang Kabupaten Mukomuko Yang Jarang Diketahui

Foto Radarutara.disway.id--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Kabupaten Mukomuko merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Bengkulu. Kabupaten Mukomuko merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara. 

 

 

Pemekaran kabupaten ini dilakukan dalam rangka peningkatan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan hingga pelayanan kemasyarakatan.Kabupaten Mukomuko dipimpin oleh bupati selaku kepala daerah.

 

Kabupaten Mukomuko dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur di Provinsi Bengkulu, yang diresmikan pada tanggal 25 Februari 2003 dengan Ibu kota Kabupaten berkedudukan di Mukomuko.BACA JUGA:3 Rekomendasi Wisata Pantai di Seluma saat Libur Akhir Pekan

 

Luas wilayah Kabupaten Mukomuko mencapai sekitar 4.146,52 kilometer persegi. Seiring dengan perkembangan otonomi daerah, kecamatan di Kabupaten Mukomuko dari semula hanya 5 kecamatan, kini berkembang menjadi 15 kecamatan definitif, 152 desa dan 3 kelurahan.

 

Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Mukomuko tahun 2021 mencatat jumlah penduduk Mukomuko sebanyak 190.498 jiwa.

 

Malin Deman merupakan kecamatan yang paling luas di Kabupaten Mukomuko, yaitu seluas 861,79 kilometer persegi 20,78 persen dari total luas wilayah Kabupaten Mukomuko. Sementara kecamatan terkecil adalah Air Manjunto dengan luas wilayah 65,24 km persegi.BACA JUGA:5 Fakta Kabupaten Tanggamus yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 

Wilayah Kabupaten Mukomuko terbentang dari Kabupaten Pesisir Selatan (Provinsi Sumatera Barat) sampai Kabupaten Bengkulu Utara dan jaraknya kurang lebih 250 kilometer.

Sumber: