Kerusakan Jalan Penghubung Antar Pekon di Sanggi Kian Parah

Kerusakan Jalan Penghubung Antar Pekon di Sanggi Kian Parah

jalan di Pekon Sanggi kian kondisinya becek dan berlumpur.--

BANDARNEGERISEMUONG, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Warga Pekon Sanggi mengeluhkan kondisi jalan penghubung antara Pekon Sanggi menuju Pekon Negeri Agung, Bandar Sukabumi dan Tulungsari Kecamatan Bandar Negeri Semuong, yang rusak parah dan tidak kunjung diperbaiki.

 

Hariri, Tokoh Masyarakat setempat mengatakan, kerusakan jalan di samping Koramil 424/02 Wonosobo menuju tiga pekon itu sudah terjadi sejak 10 tahun lebih. Ironisnya, hingga kini belum juga tersentuh pembangunan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. "Belum pernah diperbaiki, sudah sepuluh tahun lebih dibiarkan rusak begini," kata Hariri.

 

Hariri menjelaskan, kondisi jalan dari samping Koramil hingga Dusun Umbul Temono Pekon Sanggi itu sudah berupa onderlagh. Namun, karena terlalu lama dibiarkan rusak membuat kerusakan jalan semakin parah, bahkan sebagian jalanya sekarang sudah kembali berrupa tanah. Akibatnya, jika di musim penghujan jalan menjadi becek dan sulit dilewati. 

 

"Panjang jalan yang rusak itu sekitar 3 kilometer kalau dari samping Koramil sampai Umbul Temono," ungkapnya

 

Padahal, lanjut Hariri, jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat. Selain akses jalan lingkar menuju Pekon Negeri Agung hingga Tulungsari, jalan tersebut juga setiap harinya menjadi akses utama untuk menuju areal perkebunan. Melalui jalur itulah petani mengeluarkan hasil bumi seperti kopi, cokelat, pisang dan hasil bumi lainya. 

 

Namun dengan kondisi jalan yang rusak membuat akses pengeluaran hasil bumi jadi terhambat. Dampaknya, harga hasil bumi di wilayah tersebut juga jauh lebih murah dari pada harga umumnya. 

 

"Hasil bumi yang aktif tiap hari adalah pisang, bahkan sampai berton-ton. Tapi ya kendalanya di jalan, karena jalanya rusak harga hasil bumi juga jadi rendah," pungkasnya.

 

Sumber: