DPRD Pringsewu Ingatkan masyarakat Penting Pencegahan Stunting

DPRD Pringsewu Ingatkan masyarakat Penting Pencegahan Stunting

Kegiatan hubungan masyarakat (Humas) anggota DPRD Pringsewu Rahwoyo di Pekon Yogyakarta kecamatan Gadingrejo--

PRINGSEWU, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Anggota DPRD Pringsewu, Rahwoyo SE berharap kepada masyarakat untuk dapat selalu mendukung pencegahan Stunting yang sudah dijadikan program Pemkab Pringsewu. 

 

"Karena, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Pringsewu yang sehat dan cerdas. Dalam mensukseskan program ini, kita tidak bisa mengandalkan peran sektor kesehatan saja,"Ungkap Rahwoyo saat menggelar kegiatan hubungan masyarakat (Humas) anggota DPRD Pringsewu tahun 2023 di Pekon Yogyakarta kecamatan Gadingrejo, Senin (31/7). 

 

Kegiatan Humas Anggota DPRD Pringsewu yang dihadiri Kasi Datun Kejari Pringsewu, Midian , Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Pringsewu, Yuli Susapto berserta puluhan warga di pekon setempat. 

 

Namun menurut Rahwoyo Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Pringsewu, diperlukan juga peran lembaga di sektor lainnya turut menentukan, ditunjang peran aktif seluruh lapisan dan komponen masyarakat. 

"Program ini mengajak seluruh komponen masyarakat diPringsewu untuk benar-benar menerapkan perilaku hidup sehat dan melakukan upaya-upaya pencegahan Stunting. Sehingga bisa menciptakan generasi penerus yang sehat dan berkualitas, "Harapnya. 

 

Lanjut Rahwoyo, bahwa sebagaimana dipahami bersama Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari pertama Kehidupan (HPK).

 

Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang berulang, infeksi berulang, dan pola asuh yang tidak memadai dalam masa 1.000 HPK di Kabupaten Pringsewu.

 

Selain itu juga berdasarkan hasil SSGI Tahun 2021 Prevalensi Stunting di Kabupaten Pringsewu mencapai 19.0%.

Sumber: