BPBD Tanggamus: Waspadai Angin Kencang saat Peralihan Musim

BPBD Tanggamus: Waspadai Angin Kencang saat Peralihan Musim

Foto Ilustrasi Net/pixabay--

KOTAAGUNG, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai angin kencang saat peralihan musim. 
 
Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Siap Siaga, Rusdi mengatakan, peristiwa angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Tanggamus beberapa waktu lalu merupakan peristiwa hidrometeorologis yang meningkat intensitasnya pada masa peralihan musim.
 
"Umumnya peristiwa angin kencang ini memang terjadi di peralihan musim panas ke musim penghujan atau sebaliknya," katanya, beberapa waktu lalu.
 
Jenis bencana ini, lanjut Rusdi, menjadi bagian dari proses pertumbuhan awan comolonimbus yang terbentuk akibat pemanasan intensif.
 
Oleh sebab itu masyarakat dihimbau untuk menghindari bangunan yang tinggi, tiang listrik, pohon, papan reklame dan sebagainya yang berpotensi rubuh saat terjadi angin kencang.
 
"Lindungi diri dari kemungkinan benda yang terbang terbawa angin kencang, segera masuk ke dalam rumah atau bangunan yang kokoh," pintanya. (*)

Sumber: