Nelayan Tanggamus Butuh Alat Pendeteksi Ikan. Contohnya Begini

Nelayan Tanggamus Butuh Alat Pendeteksi Ikan. Contohnya Begini

Ini alat yang dibutuhkan nelayan. Foto net--

RARTANGGAMUS.CO.ID-- Untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan di Kecamatan Kotaagung , Kabupaten Tanggamus membutuhkan alat pendeteksi ikan seperti echosounder (radar). 

 

Dimana alat ini akan berguna untuk mengetahui keberadaan ikan, sehingga dengan mudah nelayan akan menemukan lokasi kerumpunan ikan untuk dilakukan penangkapan. 

 

“Alasan diperlukannya alat pendeteksi ikan bagi nelayan, dikarenakan selama ini dalam melakukan aktifitasnya hampir semua nelayan di Kotaagung masih menggunakan alat penangkap ikan tradisional,” ungkap Sarpuddin, salah satu nelayan di Kelurahan Pasarmadang.

 

Bahkan lanjutnya, nelayan di Kotaagung saat akan turun ke laut melakukan penangkapan ikan masih mengandalkan trik lama yang sudah menjadi suatu keharusan dari turun menurun. 

 

Untuk mengetahui prediksi cuaca misalnya, trik inilah yang diandalkan oleh nelayan Kotaagung sebelum melakukan aktifitasnya.

 

“Sedangkan dengan kondisi alam seperti sekarang ini akan sangat sulit bagi kami untuk mengetahui atau memprediksi perubuhan cuaca, yang tentunya berdampak terhadap kesalahan prediksi,”akunya. 

 

Bukan hanya itu, para nelayan juga bergantung dari perhitungan bulan dan bintang untuk melihat potensi ikan. Hasilnya, perhitungan tersebut banyak salah, sehingga nelayan tak jarang kembali dengan tangan kosong. 

 

Sumber: harapan nelayan