Baharen Minta Kakon Melaporkan Administrasi Pekon

Baharen Minta Kakon Melaporkan Administrasi Pekon

Baharen (kiri) minta pekon laporkan perkembangan kependudukannya. Foto Zepta Heryadi--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Lampung meminta kepala Pekon (Kakon) aktif melaporkan perkembangan administrasi kependudukan di wilayah kerjanya masing-masing. 

 

Ini bertujuan agar data kependudukan bisa terus diperbaharui."Kami berharap kepada Kakon agar melaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus. 

 

Setiap peristiwa penting kependudukan. Seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pindah datang, dan lainnya," kata Anggota DPRD setempat Baharen. 

 

Ia melanjutkan,  dengan rutin melaporkan data kependudukan akan diperbarui sehingga akurat untuk digunakan dalam berbagai kepentingan pembangunan dan penyelenggaraan roda pemerintahan di Tanggamus.

 

"Ini penting untuk terus diperbarui. Sehingga ini juga menjadi tugas kakon untuk menyampailannya ke Disdukcapil agar diketahui," ucapnya.

 

Menurutnya, ada pekon yang data angka kependudukannya tidak valid. Itu karena setiap ada perubahan data di pekon itu karena berbagai hal yang terjadi tidak segera di laporkan. 

 

Contohnya, di data pekon nama si A sudah di hapus karena meninggal, sementara data yang ada di pemerintah nama tersebut masih ada. Nah, ini yang harus di perbaharui itu.

Sumber: perkembangan