Ini 5 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah saat Hari Jumat

Ini 5 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah saat Hari Jumat

--

RADARTANGGAMUS.CO.ID – Hari Jum’at disebut juga sebagai Rajanya Hari. Karena Hari Jum’at merupakan salah satu hari yang mulia.

Ada ada banyak amalan di hari Jumat yang biasanya dilakukan orang muslim. Karena pada hari Jum'at Allah SWT memberikan banyak kemuliaan dan keistimewaan, baik di siang maupun malam hari.

Allah juga telah menjadikan Hari Jum’at sebagai Sayyidul Ayyam atau penghulunya hari.

Dalam Channel Youtubenya, Ustaz Adi Hidayat memberikan amalan-amalan khusus di hari Jum'at, baik itu pada siang ataupun malam hari menurut anjuran Rasulullah SAW.

Berikut amalan khusus di hari Jum'at yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW:

1. Mempersiapkan Menunaikan Ibadah Shalat Jum'at

Melaksanakan salat Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim, khususnya laki-laki. Salat Jumat memiliki banyak keutamaan. Karena salat Jumat diibaratkan hajinya orang-orang yang tidak mampu.

Dalam HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim, keutamaan salat jumat ialah setiap langkah orang yang bersungguh-sungguh akan menunaikan salat Jumat hingga ia menunaikanya maka mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.

2. Memperbanyak Baca Al-Qur’an

Seluruh ayat yang ada dialam Al-Qur'an adalah mulia. Namun, ada beberapa surat yang dapat dioptimalkan untuk banyak dibaca khusus pada hari Jum'at.

Surat yang dianjurkan untuk diamalkan di hari Jum'at diantaranya seperti surat Al-Kahfi, surat Ya Sin dan surat As-Saffat.

 

3. Memperbanyak Shalawat

Amalan lainya di hari Jumat yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak shalawat Nabi.

Tentunya banyak keutamaan yang kita dapatkan jika memperbanyak shalawat. Diantaranya dapat 10 kemuliaan serta mendekatkan diri kita kepada Allah dan rasul-Nya.

 

4. Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Hari Jumat juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Banyak pendapat ulama tentang waktu mustajab pada hari Jum'at. Ada yang berpendapat diantara dua khutbah, ada juga yang berpendapat setelah shalat Ashar.

Sebab itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa di hari Jum'at, baik saat siang maupun malam hari.

5. Memperbanyak Sedekah

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita agar memperbanyak sedekah di hari Jum'at.

“Sedekah itu berupa apa saja, baik itu harta benda, makanan atau lainya yang baik untuk diberikan,” kata Ustaz Adi Hidayat. (*)

Sumber: