Polisi Pakai Metode Cooling System Jelang Pilkades

Polisi Pakai Metode Cooling System Jelang Pilkades

Ist - Kapolsek Penengahan, Iptu. Gobel, S.H.,M.H. bersama para calon kepala desa dan masyarakat memimpin kampanye anti hoax, politik uang, dan kecurangan di pemilihan kepala desa serentak bulan Agustus ini.--

KETAPANG, RADARTANGGAMUS.CO.ID - Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lampung Selatan tinggal menunggu hari. Sembari menunggu hari pemilihan, jajaran Polsek Penengahan mulai melakukan cooling system di Kecamatan Ketapang sebagai upaya preventif. 

Bukan hanya pihak kepolisian saja, personel TNI, para Pj kepala desa, dan para calon kepala desa hadir dalam kegiatan itu. Mereka sengaja diundang supaya untuk mendengarkan penjelasan sekaligus pemaparan dari pihak Polsek Penengahan. 

Kapolsek Penengahan, Iptu. Gobel, S.H.,M.H. meminta para calon kepala desa dan pendukungnya tetap tenang. Jangan sampai ada hal-hal yang bisa memunculkan kegaduhan. Contohnya seperti mengadakan perjudian di kontestasi pilkades di Kecamatan Ketapang, dan Kecamatan Penengahan. 

"Siapapun yang jadi niatnya sama, yaitu ingin memajukan desa. Ini pesan dari Bapak Kapolres Lampung Selatan untuk calon kepala desa," kata Gobel, Selasa, (15/82023).

BACA JUGA:Pacu Gairah UMKM, Budi Lestari Gelar Pameran

Pada kesempatan itu, Gobel mengimbau para calon kepala desa, pendukung, ataupun masyarakat, untuk menolak dengan tegas politik uang. Kemudian menjauhi hoax dan hatespeech, serta menghindari black campain dan negative campain. Gobel juga menegaskan jangan ada rasa ingin mengadu domba apalagi memecah belah. 

"Jangan mengintimidasi dan memaksakan kehendak, setiap pemilihan harus siap menang dan siap kalah," katanya. 

Cooling system itu dalam rangka mendinginkan suasana yang ada di desa menjelang, saat, dan pasca pilkades. Panitia juga diminta menempatkan diri dan menjaga netralitas. Pasalnya, netralitas panitia sangat mempengaruhi kelancaran pilkades. 

"Apabila nanti ditemukan hal seperti yang kami sebutkan, silakan disampaikan kepada pihak kami yang ada di lapangan atau bisa telepon saya langsung. Nanti akan kita amankan untuk proses lanjut. Jangan sampai pilkades ini tercederai dengan adanya perjudian," kata Gobel. 

Polres Lampung Selatan, menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang II 2023.

Bahkan, Polres Lampung Selatan bakal menerjunkan 1000 personel ke 42 desa yang melaksanakan Pilkades di Lampung Selatan. Pilkades serentak itu digelar pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Itu, dikatakan Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, S.I.K., M.Med.Kom pada saat kunjungan kerja ke Mapolsek Tanjung Bintang belum lama ini.

"Kita sudah melakukan pemetaan-pemetaan sesuai kategori desa rawan, kurang dan sangat rawan. Kita akan mengerahkan kurang lebih 1000 personil untuk menjaga dan  mengamankan pelalsanaan Pilkades," Ucapnya kepada Radar Lamsel di Mapolsek Tanjungbintang.

Bukan hanya tugas Polri saja, pengamanan Pilkades serentak ini juga tentunya akan melibatkan instansi lain, seperti TNI, Linmas dan Satpol PP serta membutuhkan peranan masyarakat.

Sumber: