Pawai Obor, Tradisi yang Selalu Dinanti

Pawai Obor, Tradisi yang Selalu Dinanti

Diskominfo Lamsel – Ketua DPRD Lamsel, H. Hendry Rosyadi bersama Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto melepas peserta Pawai Obor dalam rangkaian HUT RI ke-78 di depan Kantor Bupati Lamsel, Rabu (16/8/2023).--

KALIANDA, RADARTANGGAMUS.CO.ID – Kegiatan Pawai Obor dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) masih menjadi tradisi yang digelar Pemkab Lampung Sekatan.

Arak-arakan untuk menyemarakan dan memeriahkan HUT RI ke-78 ini disambut antusias oleh masyarakat, Rabu (16/8/2023).

Pawai Obor yang diikuti ribuan pelajar Tingkat SD, SMP, SMA berseragam pramuka, mahasiswa, ormas, TNI/Polri, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan ini, dimulai dari depan kantor Bupati Lampung Selatan.

Kegiatan tersebut, dilepas oleh Ketua DPRD Lampung Selatan, H. Hendry Rosyadi bersama Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan dihadiri seluruh Forkompimda serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Pawai Obor yang dilaksanakan tersebut, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Perum Simpur Permai Rayakan Kemerdekaan dengan Perlombaan

“Dengan mengucap Bismillahhirrohmannirrohim kegiatan Pawai Obor dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023 dengan ini saya nyatakan dimulai,” singkat Hendry seraya melepas para peserta.

Terlihat dilokasi sekitar, warga Kalianda sangat antusias menyaksikan pawai obor tersebut. Banyak warga memadati halaman dan jalan di sekitar kantor Bupati Lampung Selatan, hingga jalan-jalan protokol yang dilalui peserta pawai obor. Pelaksanaannya pawai obor memeriahkan HUT Kemerdakaan RI ini berlangsung kondusif. 

Hamdani (39) warga Kalianda yang menyaksikan pawai obor tersebut mengaku setiap moment peringatan HUT RI dirinya selalu menantikan pawai obor.

“ Bahkan ketika dulu masih sekolah saya selalu antusias kalau untuk urusan pawai obor. Seperti nggak ada capeknya, sekarang ketika sudah punya keluarga, masih semangat apalagi anak saya ikut jadi peserta pawai tersebut,” ujarnya gembira.(*) 

Sumber: