Menyimak Mitos Dibalik Keindahan Wisata Way Lalaan. Konon Ada Ular Berkepala Dua

Menyimak Mitos Dibalik Keindahan Wisata Way Lalaan. Konon Ada Ular Berkepala Dua

Mitos dibalik keindahan Wisata Way Lalaan. Foto net--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung merupakan salah satu kabupaten yang ada di Indonesia.

Selain terkenal penghasil kopi dan lada, lampung merupakan kota kaya akan wisata alam yang mempesona seperti pantai, pegunungan dan air terjun.

Salah satu wisata alam tersebut yakni, Air terjun Way Lalaan. Wisata ini terletak di kaki Gunung Tanggamus tepatnya berada di Pekon, Kampung Baru, Kecamatan Kotaagung Timur.

Selain memiliki keunikan pesona alam juga mitos yang membuat wisatawan untuk datang. Keindahan wisata air terjun ini merupakan salah satu objek wisata populer di Lampung.

Keunikan dan mitos air terjun Way Lalaan ini sudah terkenal di kalangan masyarakat setempat hingga wisatawan luar daerah. 

Selama ini pengunjung yang datang di wisata pinggir jalan Lintas Barat itu tidak hanya sekedar menikmati keindahan alamnya, namun juga bisa untuk tujuan tertentu yang berhubungan dengan mitos yang beredar.

Pemandangan yang indah di antara celah bukit serta hamparan hutan hijau yang mampu memanjakan mata.

Udara yang sejuk akan membuat tenang dan damai di benak setiap pengunjung yang datang di tempat ini.

Dibalik keindangan wisata alam tersebut ternyata menyimpan cerita mitos. Meski belum bisa dibuktikan secara nyata.

Perlu diketahui Air terjun way Laaan ditemukan sejak tahun 1937 atau saat masih zaman pemerintahan kolonial Belanda. Sejarah ini berdasarkan adanya tangga yang menuju air terjun way lalaan.

Nah, karena usianya yang sudah tua maka tidak heran jika selalu ada cerita di balik ke indahannya. Salah satu mitos yang berhembus yakni, air mata bidadari serta ular besar kepala dua.

Menurut legenda, terdapat mata air yang keluar dari celah bebatuan tersebut, warga setempat menyebutkan jika mata air itu adalah mata air bidadari. 

Konon bagi masyarakat yang percaya dengan hal-hal seperti itu, maka siapa saja yang bisa mandi di mata air tersebut di percaya selain bisa mengobati segala macam penyakit juga dapat membuat bertambah ganteng atau cantik.

Selain itu, menurut masyarakat yang melihat secara langsung ketika sore hari atau menjelang magrib, terdapat ular besar berkepala dua yang tiba-tiba muncul dari celah air terjun way laan tersebut.

Sumber: air mata bidadari