Damkar Belum Miliki Alat Pemadam Menjangkau Gedung Tinggi

Damkar Belum Miliki Alat Pemadam Menjangkau Gedung Tinggi

Kepala Dinas Damkar Kota Bandar Lampung, Anthony Irawan. Foto Dok LNP--

BANDARLAMPUNG, RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bandar Lampung belum memiliki peralatan atau armada yang menjangkau gedung tinggi bila terjadi kebakaran.

Padahal, saat ini di Bandar Lampung sudah mulai berdiri gedung-gedung pencakar langit, yang memiliki gedung lebih dari 10 lantai, seperti gedung Hotel Mercure Lampung yang berada di Jalan Raden Intan, Kecamatan Tanjung Karang Pusat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Damkar Kota Bandar Lampung, Anthony Irawan saat diwawancarai, Minggu (20/8). "Dinas kita baru, peralatan kita memang belum memadai bila melakukan pemadaman di gedung-gedung tinggi yang lebih dari 10 lantai," ujarnya. 

Namun, Anthony mengaku, pihaknya terus berupaya mensosialisasikan, kepada pemilik usaha atau bangunan, bila gedung di atas lima lantai harus memiliki alat proteksi pamadaman yang sesuai standar. Seperti Fire Sprinkler System, Fires Alarm system dan instalansi fire hydrant.

"Sehingga apabila terjadi kebakaran gedung tersebut dapat melakukan pemadaman secara otomatis," katanya.  

Anthony juga mengatakan, pada anggaran 2024 akan mengajukan pengadaan armada baik kepada pemerintah kota dan juga pemerintah pusat.

"Diharapkan, kedepan armada kita memadai bila harus menjangkau titik tinggi yang memiliki 10 lantai atau lebih," tutupnya. (*)

Sumber: