Main Game Puzzle Digital Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat Lansia

Main Game Puzzle Digital Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat Lansia

Foto Ilustrasi Game (EvelKnievel,Pixabay)--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Bermain game puzzle digital selain sebagai hiburan, juga bisa meningkatkan daya ingat bagi orang lanjut usia (lansia).

 

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan University of York, lansia yang rutin bermain game puzzle digital menunjukkan kemampuan mengingat yang sama dengan orang yang berusia sekitar dua puluhan.

 

Tidak hanya itu, dalam penelitian ini juga menemukan bahwa orang lansia yang sering memainkan game puzzle digital punya kemampuan superior dalam menghindari gangguan, yang paling penting untuk menjaga daya ingat.

 

Penelitian yang dilakukan University of York memang fokus pada perbedaan kemampuan mental, khususnya yang berhubungan dengan memori kerja antara kelompok umur yang berbeda.

 

Memori kerja ini punya tanggungjawab dalam menyimpan banyak informasi sekaligus, dan dipercaya akan menurun seiring bertambahnya usia.

 

Meskipun penurunan memori kerja merupakan bagian alami dari proses penuaan, namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jenis stimulasi mental tertentu dapat membantu menghambat penurunan memori kerja ini.

BACA JUGA:Beli Item Game dan Langganan Streaming di OVO Bisa Dapat Cashback 10 Ribu OVO Points

Salah satu contohnya adalah permainan aksi yang melibatkan reaksi cepat dan mencatat target, karena dapat membantu meningkatkan perhatian dan daya ingat serta manfaat lainya bagi orang dewasa muda.

 

Sumber: