10. Manfaat Serta Khasiat Konsumsi Bunga Telang Untuk Kesehatan

10. Manfaat Serta  Khasiat Konsumsi  Bunga Telang Untuk Kesehatan

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Bunga telang merupakan tanaman yang cukup pepuler dimasyarakat dengan warna biru keunguan yang ditampakkan oleh bunga ini.

 

Bunga telang juga terkenal dengan khasiatnya yang banyak khsiatnya namun, bahaya Bunga telang juga akan dirasakan jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

 

Bunga yang berwarna biru ini sering sekali  dimanfaatkan sebagai campuran kosmetik dan pewarna makanan. 

 

Bunga telang juga banyak sekali  yang mengolahnya  menjadi teh yang dipercaya mampu memberikan segudang khasiat.

 

Bunga telang memiliki penampakan yang cantik dengan warna biru keunguan yang cerah.

 

Bunga telang juga sempat populer menjadi bahan minuman yang bernama butterfly pea flower tea atau teh Bunga telang.

 

Advertisement di india, Bunga telang dikenal sebagai holy flowers yang digunakan untuk ritual Bunga telang memiliki bentuk yang unik dengan kelopak bunga yang menyerupai terompet.

 

Berikut ragam khasiat dari bunnga telang

 

1. Baik untuk otak 

 

Antioksidan dalam Bunga telang, bisa  memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk juga sel saraf, sehingga bisa meningkatkan aktivitas otak, seperti mengingat dan berkonsentrasi.

 

2. Sumber antioksidan 

 

Menurut journal of pharmacy dan pharmaceutical sciences, ekstrak metanol dalam Bunga telang mengandung sumber  antioksidan tinggi.

 

3. Mengurangi peradngan.

 

Bunga telang mempunyai kandungan asam oleat hingga 52 % asam oleat yang bersifat anti-inflamasi ini  bisa mengurangi peradangan.

 

4. Mengurangi resiko penyakit jantung dan hipertensi 

 

Bunga telang mengandung senyawa antosianin yang bisa  meningkatkan elastisitas arteri serta dapat  memperlancar aliran darah.

 

5. Mengurangi gejala diabetes

 

Melansir laman halodoc, penelitian menyebutkan bahwa Bunga telang ini  bisa mengontrol penyerapan gula darah, sehingga bisa  menjaga kestabilan gula di dalam darah.

 

6. Bisa mengobati demensia

 

Penelitian dari pharmaceutical biology menemuakan  bahwa Bunga telang tersebut  mempunyai kandungan asetilkolin yang hampir sama dengan obat pelindung otak.

 

7. Mengurangi gejala asma

 

Bunga telang mempunyi antioksidan yang  tinggi dan antiasthmatic, Bunga telang juga bisa meringankan gejala asma.

 

8. Menurunkan berat badan 

 

Ektrakteh Bunga telang tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, lemak, sehingga sangat ini sangat cocok untuk menjadi minuman saat sedang proses diet atau ingin menurunkan berat badan anda.

 

9. Melancarkan menstruasi 

 

Penelitian journal of traditional and complimentary medicine mengatakan bahwa Bunga telang bisa mengatasi keputihan dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

 

10. Mengatasi  masalah pencernaan 

 

Studi dari multidisciplinary digital publising institute membenarkan bahwa Bunga telang ini dapat menghambat amilase pankreas serta dapat meningkatnya amilase pankreas dan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti pankreatitis akut.

 

Berikut cara waktu yang baik baik konsumsi  teh Bunga telang, cara mudah untuk mendapatkan khasiatnya.

 

Bunga telang dapat diminum secara rutin setiap harinya tetapi juga jangan terlalu sering, cukup tiga kali 1 gelas per hari.

 

Dengan menuduhnya seperti minum teh dan disarankan waktu yang baik untuk minum teh Bunga telang ialah satu jam sebelum makan atau satu jam setelah makan.(*)

Sumber: