10 Manfaat Daun Dadap Serep Yang Jarang Diketahui Salah satunya Dapat Mengobati Demam

10 Manfaat Daun Dadap Serep Yang Jarang Diketahui Salah satunya Dapat Mengobati Demam

Foto Ilustrasi net/Lazada--

Sebagai mana yang kita ketahui, bahwa radikal bebas merupakan penyebab dari penyakit mematikan, yakni kanker, tekanan oksidatif yang berlebih dalam tubuh, hingga ini dapat menyebabkan produksi radikal bebas dalam tubuh dapat meningkat.

Hal tersebut  dibutuhkan tambahan antioksidan yang cukup untuk menanggulangi tekanan oksidatif yang tinggi sehingga dampak dari kerusakan sel sebagai akibat dari reaksi radikal bebas dapat diturunkan. 

7. Memperkuat imunitas

Daun dadap dipercaya dapat bermanfaat untuk membantu memperkuat imunitas tubuh.

Sebuah ahli penelitian mengatakan bahwa senyawa flavonoid yang ditemukan pada daun dadap yang  mempumyai  aktivitas antibiotik terhadap beberapa strain bakteri staphylococcus dan streptococcus.

8. Menurunkan demam

Di ndonesia, daun dadap serep sudah sering dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi demam.

 

Hal tersebut dipengaruhi oleh sifat antipiretik di dalamnya, yang juga dibuktikan pada jurnal medfarm farmasi dan kesehatan, 

 

dengan daun dadap diformulasikan dalam bentuk hidrogel  lada jurnal ini, disebutkan bahwa daun dadap mengandung saponin, flavonoid, polifenol, tanin, dan alkaloida.

 

Zat-zat tersebut membuat tanaman ini memiliki fungsi sebagai antimikroba, antiinflamasi, antipiretik, serta antimalaria. Karenanya, daun dadap dapat menurunkan suhu tubuh saat demam.;

 

9. Mengatasi demam tifoid

Sumber: