Terdapat 5 Jenis Ikan Di Indonesia Yang Hampir Punah

Terdapat 5 Jenis Ikan Di Indonesia Yang Hampir Punah

Lima jenis ikan yang hampir punah di perairan laut Indonesia. Foto Net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sebagai daerah maritim jadi tidak heran jika negara Indonesia di kelilingi oleh perairan amat luas. 

Didalam lautan itu sendiri berbagai macam biota laut ada di dalamnya dan memiliki kekayaan yang bernilai ekonomis tinggi. 

Tapi karena adanya faktor biologis maupun faktor eksternal serta berbagai penyebab lainnya, seperti penangkapan ikan secara berlebihan, mengakibatkan beberapa jenis ikan menjadi langka bahkan terancam punah. 

Nah, apa saja ikan yang ada di perairan laut Indonesia yang terancam punah. Berikut penjelasannya. 

1. lkan berau atau Napoleon

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), bahwa salah satu jenis ikan Berau atau dengan nama latin Cheilinius undulatus Ruppell menjadi salah satu jenis ikan yang hampir terancam punah 

Ikan Berau banyak ditemukan di wilayah perairan laut Nias, Teluk Tomini, Teluk Telo, Laut Banda, dan Teluk Cendrawasih. 

Kemudian ikan ini termasuk dalam golongan ikan hermaprodit. Artinya bisa mengalami perubahan jenis kelamin dari betina menjadi jantan), ata perubahaan itu membuat ikan ini rentan di buru secara berlebihan. 

2. Ikan Terubuk

Selanjutnya lkan terubuk. Ikan hidup di permukaan perairan pantai serta berpindah dari laut ke air tawar itu dengan nama latin Tenualosa macrura.  

lkan ini mempunyai kadar kandungan garam yang tinggi mampu hidup di tiga alam, yakni air laut, air tawar dan air payau. Selain itu ikan ini mempunyai vitamin yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika ikan ini menjadi buruan utama para nelayan. 

Disamping itu, ikan yang hidup di perairan Malaysia, Indonesia dan Thailan itu menjadikan ikan yang bernilai ekonomis karena nilai ekspor sangat tinggi, jadi tidak heran jika ikan ini terancam punah.

3. Hiu Paus

Sumber: lima jenis ikan hampir punah