Cara Menegur Karyawan Yang Salah. Ini Tipsnya

Cara Menegur Karyawan Yang Salah. Ini Tipsnya

Tips menyikapi karyawan yang salah. Pemimpin harus tegas. Foto ilustrasi/net--

Cara yang paling lembut adalah pertanyakan kenapa akhir-akhir ini semangat kerjanya menurun. Bila sudah dilakukan, anda bisa melakukan langkah lainny yakni berikan kesempatan dia cuti hingga waktu yang tidak ditentukan atau sampai pekerjaan dia selesai.

2. Tanyakan perkembangan proyeksi yang pernah anda berikan. 

Rekam jejak pekerjaan mereka akan terlihat dari catatan yang anda buat. Tunjukan catatan tersebut dan berikan waktu kepada mereka untuk berpikir, sampai mereka sadar dengan kemalasannya. 

3. Pemimpin harus tegas dalam mengambil kebijakan. 

Jika anda akan mengambil keputusan final maka anda harus menunjukan sikap tegas, jangan pernah terbuai oleh sikap dia yang selalu mengajak bergurau. Ketika keputusan itu sudah di ambil maka pastikan sebagai efek jera buat dia.

4. Sampaikan dengan nada tinggi.

Nah jika berbagai upaya sudah anda lakukan namun anak buah anda masih melakukan kesalahan, maka ungkapan dengan nada keras perlu anda lakukan. Ingat hal itu bukan maksud untuk melecehkan atau merendahkan, namun cara itu untuk menunjukkan bahwa ia telah melakukan kesalahan.

Yang perlu diingat, jika Anda memberi teguran, jangan lupa juga untuk memberi penghargaan saat anak buah Anda berprestasi. Jadilah atasan yang adil dan bijaksana. (*)

Sumber: tips karyawan malas