Papadi Prediksi Harga Gabah Terus Meroket

Papadi Prediksi Harga Gabah Terus Meroket

Ilustrasi Gambar--

SIDOMULYO, RADARTANGGAMUS.CO.ID – Harga jual gabah kering panen (GKP) kian melambung akibat dampak musim kemarau. Hal ini juga turut menyebabkan harga beras juga ikut meroket.

Perkumpulan Penggilingan Padi (Papadi) Siger Lampung juga memprediksi harga gabah dan beras akan terus melambung. Sebab tak banya daerah-daerah yang bisa panen padi selama musim kemarau.

Ketua Perkumpulang Penggilingan Padi (Papadi) Siger Lampung Riyan Suryanto mengatakan, musim kemarau menjadi salah satu penyebab harga jual gabah terus melambung.

“Musim kemarau ini paling berpengaruh terhadap melambungnya harga jual gabah. Sebab di wilayah lain saat ini belum ada yang masuk musim panen, bahkan tidak tanam karena kemarau,” kata Riyan kepada Radar Lamsel, Selasa (5/9) kemarin.

BACA JUGA:Download Aplikasi DANA, Lalu Klik Fitur Ini Diaplikasi DANA, Dapatkan Saldo Gratis

Riyan menuturkan, pekan lalu harga jual gabah masih diangka Rp 6.000  hingga Rp 6.500 per kilogram. Tapi pada pekan ini harga jual gabah sudah menyetuh angka Rp 6.800 hingga Rp 7.000 per kilogramnya. 

“Sekarang untuk gabah panjang sudah diangka Rp 7.000 ini kita ambil di tempat petani. Sedangkan gabah panjang masih diangka Rp 6.500 tapi barangnya susah, petani banya tanam padi panjang,” sambungnya.

Melonjaknya harga gabah ini tentu menyebabkan harga beras ikut melambung. Sebelumnya, kata Riyan, dirinya menjual beras dari pabrik di angka Rp 11.000 per kilogram. Namun saat ini beras dijual dengan harga Rp 13.000 per kilogramnya.

“Kemungkinan harga gabah dan beras ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun, sebab wilayah lain belum ada yang masuk masa panen. Panen raya baru masuk di April tahun depan,” sambungnya.

Di tempat terpisah, salah satu pengusaha beras asal Kecamatan Palas, Ali Hidayat juga mengamini lonjakan harga gabah dan harga beras tersebut. Saat ini harga beras di tingkat konsumen sudah menyentu Rp 14.000 hingga Rp 15.000 per kilogramnya.

“Sebelum kemarau, konsumen kalau beli beras di warung paling mahal diharga Rp 13.000 per kilo. Sekarang beras di warung paling murah Rp 14 ribu bahkan ada yang Rp 15 ribu per kilogramnya,” pungkasnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas, Yusak Murjoko mengatakan, meski tengah dilanda kemarau namun panen musim gadu tahun ini juga membawa berkah untuk petani, lantaran harga jual gabah yang terus merangkak naik.

"Harga jual gabah untuk saat ini sangat bagus. Saat ini tanaman padi di wilayah barat juga tengah memasuki musim panen," kata Yusak kepada Radar Lamsel.

Yusak menyebutkan, sebagian besar hamparan ditanam dengan parietas padi panjang. Beberapa desa yang telah memulai musim panen yaitu Desa Tanjung Jaya dan Bumi Daya. Untuk gabah kering panen (GKP) sudah berda dikisaran Rp 6.000  hingga Rp 6.500 per kilogram.

Sumber: