Elnino Picu Penyakit Warga Diminta Jaga Kesehatan

Elnino Picu Penyakit Warga Diminta Jaga Kesehatan

Dampak Elnino selain kekeringan juga bisa memicu gangguan kesehatan. Ilustrasi Foto Internet --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Adanya fenomena cuaca ekstrem yang dipicu Elnino dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap selalu waspada dan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro Saputro mengatakan ,pola iklim cuaca ekstrem tersebut berpotensi memicu sejumlah penyakit.

 

“Perubahan cuaca yang ekstrem akibat el-nino berpotensi memicu berkembangnya sejumlah penyakit. Karena itu, masyarakat harus mewaspadai kondisi tersebut dengan persiapan yang memadai,” kata Eko  saat diwawancarai awak media, Rabu 6 September 2023.

 

Untuk diketahui, el-nino merupakan istilah untuk fenomena perubahan iklim yang belakangan ini menarik perhatian masyarakat. 

BACA JUGA:Hadapi ElNino,Pemkab Lambar Pastikan Stok Pangan Cukup

El-nino terjadi akibat interaksi rumit antara laut dan atmosfer yang berdampak luas terhadap pola cuaca dan ekosistem. Secara terminologi, El Nino dalam bahasa Spanyol berarti “anak kecil”. 

 

Penggunaan istilah itu mengacu pada pemanasan berkala, suhu permukaan laut di bagian tengah dan timur Samudra Pasifik. Fenomena ini adalah bagian dari siklus iklim yang dikenal sebagai El Nino-Southern Oscillation (ENSO) yang juga berkaitan dengan pasangannya yang lain, yang lebih dingin, yakni La-nina.

 

El-nino yang membawa suhu panas membuat sejumlah wilayah dilanda kemarau, pun di Kota Metro, hal itu menyebabkan debu mudah terbawa angin dan mencemari udara. 

 

Sumber: