Gunungan Sampah di Kawasan Heritage Kotabaru Yogyakarta, Hingga Menutup Jalan

Senin 09-10-2023,13:31 WIB
Reporter : Ibrahim Umar
Editor : Uji Mashudi

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Sampah menggunung ditemukan pada kawasan heritage Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta imbas dari tidak segera diambilnya sampah di depo Jalan Merbabu, serta akumulasi imbas dari di tutupnya TPA Piyungan Bantul beberapa waktu lalu. 

 

Bahkan gunungan sampah itu juga berlokasi tidak jauh dari sekolah dasar. 

 

Gunungan sampah ditemukan Forum Pemantauan Independen (Forpi) Kota Yogyakarta saat melakukan pemantauan di sejumlah lokasi, Senin, 9 Oktober 2023.

 

"Tumpukan sampah ditemukan di Jalan Merbabu, Kotabaru, Yogyakarta, hingga menggunung ke pinggir jalan. Sampah-sampah tersebut menutupi akses jalan," ujar Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba bersama Tim Forpi Kota Yogyakarta lainnya, Fachruddin AM, Umi Hidayati, dan Wiwid H Saputra.

 

Akibat dari tumpukan sampah itu, lanjut Kamba muncul bau tidak sedap. "Sampah sudah ada sejak bulan Juli 2023 meskipun diambil sehari satu trip atau satu truk namun tidak bisa menghindari menggunungnya sampah," kata Kamba.

 

Forpi Kota Yogyakarta memprediksi sampah yang menggunung di jalan Merbabu, Kotabaru, Yogyakarta ini tidak cukup diambil dalam waktu satu hari saja. 

 

Namun, kata Kamba butuh waktu minimal satu minggu dan menambah armada untuk mengangkut sampah yang menggunung serta menambah SDM untuk mengangkut sampah-sampah tersebut. 

 

Forpi Kota Yogyakarta berharap pasca perayaan HUT Kota Yogyakarta ke-267, Pemerintah Kota Yogyakarta dapat segera menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan tersebut, yakni persoalan sampah. 

Kategori :