Pokjanal Posyandu Serta Pekon di Tanggamus Harus Berperan Aktif, Ini Tujuannya

Selasa 16-07-2024,21:06 WIB
Reporter : Hanibal Batman
Editor : Hanibal Batman

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Kelompok kerja operasional pembinaan pos pelayanan terpadu (Pokjanal) Posyandu tingkat kabupaten dan pekon harus dimaksimalkan, sehingga tujuan posyandu dan merupakan garda terdepan layanan kesehatan masyarakat dapat tercapai.

Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus, Taufik Hidayat melalui Kabid Kesehatan Masyarakat David Erwin Gunawan menjelaskan.

Kegiatan koordinasi / sosialisasi yang melibatkan seluruh satker terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperida), dan PKK serta Camat berlangsung, di Hotel Regency, Kabupaten Pringsewu, Selasa 16 Juli 2024

David menerangkan, kegiatan sosialisasi yang melibatkan seluruh satker tersebut, menitik beratkan tentang.

Peran serta dari seluruh pihak dan satker kaitannya dengan pelaksanaan posyandu di seluruh wilayah Tanggamus.

Hal ini bertujuan agar supaya, apa yang menjadi sasaran dari posyandu itu sendiri dapat tercapai, yakni memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat.

"Intinya bagaimana agar supaya seluruh satker, camat dan juga pekon bisa guyub, bersatu padu sehingg pelaksanaan posyandu dapat berjalan dengan baik,"kata David.

Ia menerangkan bahwa, selama ini posyandu berjalan dengan baik namun, persentase kehadiran atau peran aktif dari sasaran belum maksimal.

Sehingga ia berharap dengan hadirnya sejumlah satker terkait seperti Dinas PMD dari sistem kelembagan posyandu.

Kemudian Bapperida support dukungan anggaran dari dana desa, kemudian PKK memiliki tugas peningkatan peran serta dari sasaran Posyandu.

"Jika Posyandu dapat berjalan dengan baik maka akan selesai permasalahan kesehatan ditingkat desa khusunya untuk bayi, balita dan ibu,"terangnya.

Sejauh ini, menurutnya Posyandu di Tanggamus berjalan aktif, sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Namun, dalam pelaksanaan peran serta sasaran Posyandu cenderung menurun dari hari hari sebelumnya.

Kategori :