Pj Bupati Tanggamus Pimpin Pencanangkan PIN Polio

Selasa 23-07-2024,21:54 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemkab Tanggamus melakukan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Pencanangan PIN Polio itu dipimpin oleh Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan yang ditandai dengan pemukulan gong, Selasa 23 Juli 2024.

Kegiatan pencanangan PIN Polio yang berlangsung di Balai Pekon Argomulyo Kecamatan Sumberejo,Kabupaten Tanggamus itu dihadiri jajaran Forkopimda,Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat dan sejumlah kepala OPD, lalu Ketua TP PKK Tanggamus drg.Hellen Veranica dan Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tanggamus.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengatakan bahwa penyakit Polio merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus Poliomyelitis dan ditularkan melalui air dan makanan yang terkontaminasi oleh virus tersebut.

"Penyakit Polio ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan lumpuh seumur hidup.Polio ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah, dan kekebalan kelompok pada anak anak tidak terbentuk. Seseorang dapat memiliki kekebalan jika telah diimunisasi Polio,"kata Mulyadi.

BACA JUGA:lni Jumlah Sasaran PIN Polio 2 Kecamatan Kabupaten Tanggamus

BACA JUGA:Pokjanal Posyandu Serta Pekon di Tanggamus Harus Berperan Aktif, Ini Tujuannya

Dijelaskan Mulyadi Irsan bahwa PIN Imunisasi Polio dengan sasaran anak usia 0-7 tahun, merupakan program nasional dilakukan dengan mempertimbangkan adanya kejadian luar biasa (KLB) penyakit Polio di sejumlah provinsi yaitu Aceh,Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur.

Sehingga untuk mencegah agar KLB tidak menyebar ke provinsi lainnya maka pemerintah melakukan pemberian imunisasi secara massif melalui kegiatan PIN Polio dengan cakupan tinggi dan merata untuk memutus transmisi virus Polio di Indonesia termasuk di Kabupaten Tanggamus. 

"Pelaksanaannya dimulai pada hari ini dan akan dilakukan imunisasi polio di seluruh Posyandu PAUD,TK, SD/MI/sederajat serentak.

Kita berharap pelaksanaan PIN Polio di Kabupaten Tanggamus berjalan dengan baik, kondusif serta target minimal 95 persen yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dapat tercapai,"pungkas Mulyadi Irsan.

Sementara Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan,sasaran PIN Kabupaten Tanggamus berdasarkan estimasi sasaran dari Kementerian Kesehatan berjumala 91.260 anak,sasaran berdasarkan data dari Dinas Kependudukan Dan Pecatatan Sipil Tanggamus 82.592 anak.

Sasaran berdasarkan pengumpulan data by name by addres oleh puskesmas berjumlah 67. 288.000 anak. Sedangkan target capaian cakupan PIN Polio adalah 95 persen dari sasaran.(*)

 

Kategori :