Tim SAR Gabungan Masih Cari Pemancing Yang Hilang di Pantai Kiluan Jaya

Jumat 02-08-2024,23:02 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Satpolairud Polres Tanggamus,TNI dan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan pencairan terhadap Abdul Kholid (67) yang hilang saat memancing di Pantai Kiluan Jaya, Kecamatan Kelumbayan,Tanggamus.

Pencarian yang memasuki hari kedua ini dari Polres Tanggamus,dipimpin oleh Kasat Polairud Iptu Zulkarnain.

Sat Polairud Polres Tanggamus bergabung dengan tim SAR dalam upaya pencarian nelayan yang diduga tenggelam di pantai Dusun Kilauan Jaya, Pekon Negeri Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan, Jumat 2 Agustus 2024.

"Kami melanjutkan operasi SAR pada hari kedua ini dengan harapan dapat menemukan korban secepatnya.Kami bersama tim SAR lainnya untuk memperluas area pencarian,"ujar Zulkarnain mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda.

BACA JUGA:Duh! Oknum Kakon di Tanggamus Diduga Lakukan Pelecehan

BACA JUGA:Warga Pekon Negeri Kelumbayan Hilang Saat Memancing di Pantai Kiluan Jaya

Kasatpolairud menyebut,proses pencarian ini melibatkan berbagai pihak,termasuk Basarnas,TNI, dan relawan setempat.Tim SAR melakukan pencarian di permukaan laut dan di sekitar area yang biasa dilalui oleh korban. 

"Alat pencarian menggunakan perahu, dan peralatan lainnya untuk memastikan setiap sudut area pencarian tidak terlewatkan," pungkas Zulkarnain.

Sementara, Kepala Pos SAR, Tanggamus Robi Rusli mengatakan, pada hari pertama pencarian, Kamis 1 Juli 2024, pihaknya sudah mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Tanggamus untuk melaksanakan operasi SAR. 

Sekitar pukul 14.22 WIB Tim Rescue Pos SAR Tanggamus tiba di pantai tempat korban dilaporkan hilang dan berkoordinasi dengan warga setempat.

Tim SAR gabungan melakukan penyisiran menggunakan Perahu Jukung. Tim menggunakan Aqua Eye untuk mencoba mendeteksi keberadaan korban di bawah air namun belum menemukan tanda cluster X.

"Upaya pencarian hari pertama dilakukan hingga pukul 18.25 WIB, hasilnya masih nihil dan pencarian dihentikan sementara, dilanjutkan pada hari ini,"kata Robi Rusli.

Untuk diketahui,Abdul Kholid (67), warga Dusun Kiluan Jaya, RT 008/003 Pekon Negeri Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan dilaporkan hilang saat memancing diPantai Kiluan Jaya,

Kronologi kejadian,pada Selasa malam,30 Juli 2024, sekitar pukul 20.00 WIB Abdul Kholid pergi ke Pantai Kiluan Jaya untuk memancing ikan.

Namun, pada Rabu pagi, 31 Juli 2024, korban belum kembali ke rumah, sehingga keluarga dan warga setempat memutuskan untuk mencarinya di lokasi biasanya ia memancing.

Kategori :