H. Moh Saleh Asnawi Adakan Festival Budaya Nyambai Cukuh Balak

Minggu 04-08-2024,22:08 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Bakal calon bupati (Bacabup) Tanggamus H.Moh.Saleh Asnawi memprakarsai Festival Budaya Nyambai Cukuh Balak.

Kegiatan yang mengusung giat pelestarian seni budaya Lampung itu dihelat di Lapangan SDN 1 Pekondoh,Pekon Pekondoh Kecamatan Cukuh Balak Tanggamus,Minggu 4 Agustus 2024.

Mengambil tempat di acara budaya yang ditunjukan untuk para muli-mekhanai,adat Marga Putihdoh didukung penuh juga oleh para tokoh adat Suku Epak di Marga Putihdoh.

Festival Budaya Nyambai,Cukuh Balak ini dalam pelaksanaannya melibatkan Suku Epak Marga Putihdoh yang terdiri dari Kedaloman, Gedung Marga Saka, Sebatin Pekon Tengah dan Sebatin Mandawasa.

BACA JUGA:DPRD Tanggamus Dukung Budaya Lokal Dipertahankan, Salah Satunya Nyambai

BACA JUGA:Puluhan Grup Nyambai di Lambar Ikuti Kompetisi Pesagi Culture Festival

Para Sebatin Marga Putihdoh ini dengan mengambil titah kepada Samintuha Sebatin untuk selanjutnya memberikan titah untuk setiap kepala Mekhanai (pemuda) mengumpulkan anggotanya para muli mekhanai (pemuda pemudi) untuk berkumpul di tempat dan waktu yang telah disepakati bersama oleh pak suku.

Acara puncak nya adalah pementasan pencak silat dan tentunya Nyambai itu sendiri.

Salah satu tokok adat yang juga sekaligus anggota DPRD kabupaten Tanggamus,Ahmad Parid menyambut baik kegiatan Festival Nyamabai Budaya dan sangat mendukung kegiatan festival.

Menurut Ahmad Parid,pentingnya pelestarian adat budaya khususnya di Marga Putihdoh Cukuh Balak karena dikhawatirkan apabila tidak terus dilestarikan, budaya Nyambai akan terlupakan atau bahkan punah. 

Ahmad Parid juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada H.Moh. Saleh Asnawi yang telah memberikan kepedulian kepada masyarakat adat Marga Putihdoh ini. 

"Semoga dengan kegiatan seperti ini membuka mata seluruh warga Tanggamus, bahwa sosok pemimpin Tanggamus yang seperti bapak H. Moh. Saleh Asnawi yang memang peduli kepada seluruh aspek di masyarakat terutama dalam segi budaya yang ada di masyarakat Tanggamus,"tandas Ahmad Parid.

 

Kategori :