Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Sabtu 17-08-2024,23:14 WIB
Reporter : Mulyono
Editor : Uji Marsudi

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.CO.ID – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Pringsewu digelar di Lapangan Pemkab setempat, Sabtu (17/8) pagi, dengan inspektur upacara Penjabat Bupati Pringsewu Dr.Marindo Kurniawan, S.T., M.M.

 

Sedangkan perwira upacara adalah Kapten Inf. Rahmat dan komandan upacara Kapten Inf. Redi Kurniawan, serta pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Pringsewu Suherman, S.E.

 

Upacara peringatan HUT RI yang bertema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju‘ yang diikuti ASN, TNI, Polri, pelajar dan mahasiswa, pramuka, ormas dan berbagai elemen masyarakat ini juga dihadiri jajaran pemerintah daerah, DPRD, forkopimda dan lembaga vertikal lainnya.

 

Kemudian Ketua TP-PKK, Ikada, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan Dharmayukti Karini. Juga hadir Bupati Pringsewu periode 2011-2016 dan 2017-2022 KH.Sujadi, APDESI, MUI, FKUB, pimpinan perguruan tinggi, beserta para tokoh agama, adat dan masyarakat Kabupaten Pringsewu.

 

Peringatan HUT ke-79 RI ini juga dimeriahkan dengan penampilan drama oleh anak-anak disabilitas dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pringsewu. 

 

Setelah upacara di lapangan pemkab, kegiatan dilanjutkan dengan berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pejuang Purnayudha Bhakti, Keputran, Pringsewu, dimana di lokasi ini pada malam sebelumnya, juga dilaksanakan apel kehormatan dan malam renungan.

 

Selanjutnya, masih di lokasi yang sama, Penjabat Bupati Pringsewu dan jajaran forkopimda secara virtual juga mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.

 

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta pemberian taliasih kepada para legiun veteran, penyerahan sertifikat tanah dari BPN kepada Pemkab Pringsewu, serta penyerahan tanah hibah dari pemkab kepada Kodim 0424 untuk calon Kodim Pringsewu, serta sejumlah plakat dan penghargaan lainnya di lobi Kantor Bupati Pringsewu.

Kategori :