Sasar Masyarakat Nelayan Pesisir Pemkab Tanggamus Launching Program Gardu Kasir

Rabu 04-09-2024,18:07 WIB
Reporter : Hanibal Batman
Editor : Hanibal Batman

 

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Program Gerakan Terpadu Kampung Pesisir (Gardu Kasir) di launching. Launching program bagi masyarakat nelayan pesisir pantai Tanggamus tersebut berlangsung hari ini, Rabu 4 September 2024.

Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan, melalui Sekdakab Tanggamus Ir Suaidi menghadiri secara langsung kegiatan yang berlangsung di Pekon Way Nipah, Kecamatan Pematang Sawah tersebut.

Sekda mengatakan, kehadiran Program Gardu Kasir bukan semata simbol komitmen pemerintah semata, namun jauh dari itu kehadiran program Gardu Kasir.

Ialah sebagai bukti nyata, semangat gotong royong, serta sinergi melibatkan semua pihak baik itu pemerintah, masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus Akan Gulirkan Program GARDU KASIR Bagi Nelayan, Apa Tujuannya?

"Tujuan program Gardu Kasir ialah menghimpun, kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan di wilayah pesisir sehingga program kegiatan oleh sektor-sektor terkait terpadu dan berkesinambungan,"kata Suaidi.

Percepatan pembangunan wilayah pesisir lanjutnya, terus digaungkan oleh pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Salah satu upaya ialah, melalui program Gerakan Membangun Masyarakat Pesisir Tanggamus (GEMPITA), program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2023 lalu.

Program GEMPITA, fokus kepada penyediaan desain pengembangan kawasan serta rancangan program kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir dengan visi Pesisir Maju dan Berkelanjutan.

"Melalui program GEMPITA, terwujudnya rencana pengelolaan dan pemanfaatan potensi pesisir Tanggamus, meningkatkan peran serta masyarakat, dan pemangku kepentingan, mendorong akses infrastruktur pemanfaatan, Sumberdaya pesisir secara optimal berkelanjutan dan 

berkeadilan, sehingga terwujudnya kawasan Teluk Lampung sebagai kawasan wisata terpadu,"terangnya.

Mantan Kepala BPKAD ini berharap, program Gardu Kasir dapat meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir dalam berbagai segi.

Baik itu teknologi perikanan, pengelolaan sumber daya alam, maupun dalam pengembangan produkproduk unggulan yang memiliki nilai tambah."Dengan demikian kesejahteraan dan kemandirian masyarakat 

Kategori :