Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno: AKI 2024 Ajang Berdayakan Generasi Kreatif Indonesia

Rabu 18-09-2024,18:06 WIB
Reporter : Hanibal Batman
Editor : Hanibal Batman

Para 12 finalis AKI 2024 nantinya akan terus didampingi oleh Kemenparekraf, dan bagi para finalis yang memiliki produk dengan kualitas internasional bisa ikut kelas ekspor dari Kemendag. 

"Kita baru buka Indonesia-Africa Forum, dan peluang terbesar menurut saya ada di Afrika untuk ekspor. Dan yang kedua adalah tujuan pasar-pasar baru yang berlum tersentuh, seperti India, Pakistan dan Timur Tengah,” ungkap Menparekraf Sandiaga. 

Adapun 12 finalis AKI 2024 tersebut, akan mewakili masing-masing daerah pada Pekan Puncak di Jakarta. 

Mereka yang terpilih adalah Tutu and Co, Silhouette Crochet, Galeri Batik Torsai, Guru Batik, Batik Nation, DDWAN, Ifamoy, Sincere Foods, Delawa Coffee Manggarai, RKD Coffee Merauke, Story Tale, dan Qara’a. 

Selain 12 finalis AKI 2024, juga terlibat kembali sembilan peserta AKI 2021 – 2023 yang berada di Jabodetabek, enam peserta binaan Direktorat Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen. serta dua pihak partnership AKI tahun 2024 yaitu PT Astragraphia Tbk dan GOTO

Dalam kesempatan itu, diberikan penghargaan dan apresiasi dari GOTO kepada tiga finalis pitch deck terbaik. Tiga finalis tersebut adalah Guru Batik (AKI Magelang), Ifamoy (AKI Ternate), serta Sincere Food (AKI Serang). 

Ketiganya akan mendapat dana modal tambahan sebesar masing-masing Rp20 juta, Rp30 juta, dan Rp50 juta. Pemilihan ini hasil dari proses kurasi Kemenparkraf dan GOTO.

 

Kategori :