F-PRB Aceh Ditunjuk Sebagai Penyelenggara Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas

Kamis 26-09-2024,22:34 WIB
Reporter : Redaksi
Editor : Rio Aldipo

 

ACEH,RADARTANGGAMUS.CO.ID--Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh ditunjuk menjadi penyelenggara Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (KNPRBBK) Ke-16 Tahun 2024.

Konferensi yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali itu rencananya akan diselenggarakan di Banda Aceh pada 30 September hingga 5 Oktober 2024 mendatang.

Ketua Forum PRB Aceh yang juga menjadi Ketua Panitia KNPRBBK Ke-16,Muhammad Hasan,S.Si, M.Si mengatakan,penunjukan Aceh sebagai penyelenggara konferensi tahun ini tak bisa lepas dari status Aceh sebagai tuan rumah Bulan PRB Nasional Tahun 2024.

Di samping itu, kata Hasan,pelaksanaan KNPRBBK ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati 20 tahun tsunami Aceh.

“Tema konferensi kali ini adalah, ‘Membangun Ketangguhan Masyarakat Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Indonesia Peringatan 20th Tsunami Aceh,"ujar Hasan Bangka sapaan akrabny, Kamis 26 September 2024.

Lewat pelaksanaan KNPRBBK ke-16 ini,lanjut Hasan, pihaknya ingin merefleksikan perkembangan pengelolaan pesisir yang memang menjadi kawasan paling rawan bencana, baik tsunami,abrasi dan bencana lainnya,"terangnya.

Hasan memaparkan,pelaksanaan KNPRBBK ke-16 diselenggarakan secara online atau dalam jaringan (daring) dan offline alias luar jaringan (Luring).

“Konferensi secara online akan digelar pada 30 September hingga 1 Oktober 2024.Sedangkan secara offline pada 3 sampai 5 Oktober 2024 di Rumoh PMI Peuniti, Kota Banda Aceh,"urainya.

Untuk peserta konferensi, terus Ketua F-PRB Aceh, merupakan para pegiat bencana, unsur BPBD, dan akademisi dari seluruh Indonesia serta kelompok lembaga swadaya masyarakat yang konsen terhadap pesisir dan pengurangan risiko bencana

"Sampai Kamis sore 26 September 2024,  peserta online yang sudah terdaftar sebanyak 416 orang,"ucap  Hasan.

“Untuk peserta oflline atau yang akan hadir langsung nanti di Banda Aceh, sudah tercatat 70 orang dari target kita 200 orang,” rincinya. dan bagi berkeinginan untuk ikut serta silahkan hubungi panitia humas bapak Nirwan 0812-6226-9582,"pungkas Hasan

 

Kategori :