Pj Gubernur Lampung Tinjau Pembangunan Jalan Ruas Kuripan-Simpang Kota Agung,Tanggamus

Kamis 03-10-2024,22:57 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pj Gubernur Lampung, Samsudin meninjau perbaikan jalan  ruas Kuripan-Kota Agung di Kabupaten Tanggamus yang saat ini tengah dikerjakan oleh Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung,Kamis 3 Oktober 2024.

Jalan yang diperbaiki ini menghubungkan antara Kecamatan Kota Agung Timur dengan Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus, rencananya pembangunan jalan hingga menjadi jalan mantap sampai ruas Simpang Kiluan Kecamatan Kelumbayan Tanggamus.

Turut mendampingi Pj Gubernur Lampung Samsudin dalam peninjauan jalan tersebut, Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung M Taufiqullah dan jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tanggamus.

Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung M Taufiqullah mengatakan penanganan ruas Kuripan-Kota Agung (Link 147) merupakan Koridor wisata bahari Provinsi Lampung dengan panjang koridor 148,96 KM terdiri dari Ruas Jalan RE Martadinata (Bandar Lampung)  sepanjang 5,87 KM.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Berharap Jalan Kelumbayan-Kota Agung Timur Segera Terhubung

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Hadiri Deklarasi Pilkada Damai dan Netralitas ASN,TNI/Polri

Lalu,Ruas Lempasing -Padang Cermin 29,16 KM,Ruas Padang Cermin-Simpang Teluk Kiluan 31,37 Km,Ruas Simpang Teluk Kiluan-Simpang Umbar 25,16 KM,Ruas Simpang Umbar-Putih Doh,23,83 KM,Ruas Putih Doh -Kuripan 11,74 KM.Ruas Kuripan-Simpang Kota Agung 21,47 KM.

"Rencana penananganan jalan APBD P tahun 2024 dengan panjang penanganan 0,38 KM dengan nilai Rp2.009.303.580, ini belum tuntas,kalau mau beres semua dengan kondisi jalan mantap dengan penanganan 4,43 KM membutuhkan dana senilai 27.780.152.744, targetnya lima tahun beres, tapi kalau lebih cepat ya lebih baik,"ujar Taufiqullah.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengatakan bahwa perbaikan jalan ruas Kuripan-Kota Agung merupakan sebuah mimpi lama yang terwujud sekarang.

"Sekarang mimpi itu terwujud di depan mata.Ini upaya untuk meningkatkan perekonomian,kami ingin menggali potensi itu. Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya ditengah keterbatasan APBD Kabupaten Tanggamus,"ujar Mulyadi Irsan.

Dijelaskan Mulyadi Irsan bahwa, ruas jalan yang diperbaiki ini merupakan jalan lintas pesisir yang mana terdapat potensi wisata baik di Kecamatan Cukuhbalak, Limau dan Kelumbayan.

"Ada surga tersembunyi di Kecamatan Kelumbayan yaitu Pantai Gigi Hiu dan Teluk Kiluan.Lalu ada potensi daerah kawasan industri.Kami ingin 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus tidak ada yang tertinggal,pembangunan harus terus berkesinambungan dan potensi pariwisata dan pertanian di Kabupaten Tanggamus dapat meningkat,"terang Mulyadi Irsan.

Sementara, Pj Gubernur Lampung, Samsudin mengaku turut senang atas perbaikan jalan ruas Kuripan-Simpang Kota Agung yang sudah lama dinantikan oleh masyarakat Tanggamus.

"Saya bahagia dan juga bangga,bukan hanya mimpi bapak ibu tapi juga mimpi Gubernur Lampung, kita ingin jalan-jalan jadi tolok ukur bagi perkembangan ekonomi.Dengan jalan mantap akan ada kunjungan orang baik warga sekitar atau luar daerah, kalau ini terekspos maka ramai orang berdatangan ke sini,"ujar Samsudin.

Ia juga mengaku tertarik untuk mengunjungi Teluk Kiluan yang terdapat koloni Lumba-lumba."Saya tertarik, sebab katanya Lumba-lumba Teluk Kiluan lebih bagus dari Pulau Bali,mari sebarkan informasi ini,agar orang tahu dan berkunjung ke Tanggamus, termasuk saya yang mau kunjungi Teluk Kiluan,"pungkas Samsudin.

Kategori :