Nasi Sering Kering di Magic Com, Begini Tips Cara Mengatasinya

Sabtu 12-10-2024,22:57 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Nasi merupakan makan pokok orang Indonesia,cara memasaknya ada yang menggunakan alat penanak nasi konvensional ada pula yang menggunakan perangkat elektronik seperti rice cooker atau yang sudah langsung otomatis menghangatkan yaitu magic com.

Di zaman cerba canggih seperti sekarang ini, sebagian besar masyarakat memasak menggunakan rice cooker maupun magic com.Penggunaan pemasak nasi elektronik ini tidak hanya di kota, masyarakat pedesaan juga sudah banyak menggunakan rice cooker.

Tapi, memasak dengan rice cooker, sering dihadapi dengan permasalahan, nasi cepat menjadi kering alias berkerak sehingga tidak enak lagi untuk dimakan.

Pertama kenali dulu penyebab nasi sering kali kering saat dimasak di rice cooker ataupun magic com.

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah

BACA JUGA:3 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Mengurangi Kolesterol

Penyebabnya antara lain terlalu sedikit air: Ini adalah penyebab paling umum, lalu membuka tutup terlalu sering,uap air yang keluar akan membuat nasi kering.

Selain itu panci magic com yang kotor,kerak pada panci dapat membuat nasi tidak rata panasnya.

Suhu ruangan terlalu panas juga menjadi penyebab nasi cepat kering.Suhu ruangan yang terlalu panas dapat mempercepat penguapan air dari nasi.

Beberapa tips agar nasi tetap pulen dan tidak kering saat disimpan di magic com:

Saat Memasak:Perbandingan air dan beras: Pastikan perbandingan air dan beras tepat sesuai petunjuk.

Terlalu sedikit air akan membuat nasi kering, sedangkan terlalu banyak bisa membuat nasi menjadi lembek.

Jenis beras: Beras yang berbeda memiliki karakteristik penyerapan air yang berbeda. Sesuaikan takaran air sesuai jenis beras yang digunakan.

Merendam beras: Merendam beras sebelum dimasak dapat membantu menyerap air lebih merata dan membuat nasi lebih pulen. Rendam selama 15-30 menit.

Tutup magic com: Pastikan tutup magic com tertutup rapat saat memasak agar uap panas tidak keluar dan nasi tetap lembap.

Kategori :