10 Manfaat Daun Dadap Serep Yang Jarang Diketahui Salah satunya Dapat Mengobati Demam

Kamis 31-08-2023,14:55 WIB
Reporter : Andriyansyah
Editor : Uji mashudi

Untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat daun dadap ini, pertama-tama panaskan dulu air lalu gunakan sebagai tapal (obat dalam bentuk cairan kental atau bubur), pada bagian sendi yang mengalami nyeri.

3. Meredakan demam pada anak 

di desa-desa  daun dadap sering ini sering digunakan untuk meredakan demam pada anak kecil dan juga balita, caranya menggunakan daun dadap yaitu ambil secukupnyadaun dadap, lalu cuci bersih dan gulung sampai lembek dan lunak.

Lalu daun dadap yang sudah lunak ditempelkan ke kening anak, jika daunnya mengering, ganti dengan ramuan yang baru lakukan berulang kali sampai demamnya turun.

4. Anti peradangan

manfaat daun dadap juga dapat  menyembuhkan peradangan, daun dadap ini telah  dipakai oleh masyarakat daerah marabahan.

Selain itu pengobatan herbal di india, china, juga menggunakan daun dadap untuk mengobati nyeri sendi, dan biasanya dibuat menjadi jus.

Studi yang dilakukan oleh anwar dkk pada 2013, menyimpulkan bahwa infusa daun dadap ayam ini mempunyai aktivitas antiinflamasi pada mencit yang diinduksi karagenin.

Infusa daun dadap ayam mempunyai kemampuan untuk penghambatan radang dibanding kontrol negatif sebesar 54,72%a.

5. Antibakteri

Manfaat daun dadap ialah dapat bertindak sebagai antibakteri, serta dapat membasmi bakteri karena kandungan senyawa saponin dan senyawa alkaloid yang ada didalamnya.

Dikutip dari liana 2010, senyawa alkaloid pada tanaman ini sangat berfungsi sebagai antibakteri karena dapat mengganggu pembentukan penyusunan peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak terbentuk secara utuh dan menyebabkan kematian.

Khasiat daun dari dadap serep juga dipercaya sebagai antibakteri ini telah dibuktikan oleh penelitian, dimana ekstrak etanol daun dadap serep mempunyai efektivitas antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri

6. Sumber antioksidan.

Sebagai mana yang kita ketahui, bahwa radikal bebas merupakan penyebab dari penyakit mematikan, yakni kanker, tekanan oksidatif yang berlebih dalam tubuh, hingga ini dapat menyebabkan produksi radikal bebas dalam tubuh dapat meningkat.

Hal tersebut  dibutuhkan tambahan antioksidan yang cukup untuk menanggulangi tekanan oksidatif yang tinggi sehingga dampak dari kerusakan sel sebagai akibat dari reaksi radikal bebas dapat diturunkan. 

Kategori :