Kabupaten Tanggamus Kaya Akan Wisata, Namun Sayang Baru Sebagian Di Kelola. Ini Daftarnya

Kabupaten Tanggamus Kaya Akan Wisata, Namun Sayang Baru Sebagian Di Kelola. Ini Daftarnya

Wisata di Tanggamus baru sebagian di kelola. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS-CO.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, Lampung akan terus mengembakan wisata yang ada di Bumi Begawi ini. 

Hal tersebut dilakukan selain bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. 

Demikian dikatakan Kepala Dinas Parawisata (Kadispar) Tanggamus Suyanto, secara geografis kabupaten ini memiliki banyak potensi alam yang belum di gali secara maksimal.

Pasalnya, selain memiliki potensi alam, kabupaten ini juga mempunyai wisata yang tidak kalah menarik dari lainnya. 

Namun diakuinya selama ini belum semua wisata yang bisa dikelola secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, sehingga tidak mengunrungka warga lokal. 

"Kita harus bangga karena salah satu kabupaten kaya akan wisata adalah Tanggamus, hanya ada sebagian yang belum terkelola secara maksimal,"katanya. 

Suyanto melanjutkan, ada beberapa destinasi wisata yang lagi dikembangkan yakni, wisata Karang Bolong, wisata Air Terjun Batu Lapis Pulau Panggung dan wisata air terjun Lamuran.

"Sedangkan wisata yang sudah berkembang yakni, wisata Air Terjun Way Lalaan, wisata Teluk Kiluan dan Wisata Muara Indah Kotaagung,"ujarnya. 

Menurut Suyanto, setiap tahun Dinas Parawisata membuat program yang baru supaya potensi wisata alam Tanggamus banyak di kunjungi wisatawan ke beberapa spot destinasi yang ada di Tanggamus. 

Meski demikian, kemajuan dunia pariwisata Kabupaten Tanggamus selama ini tidak lepas dari kerja keras para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai pihak pengelola masing-masing destinasi wisata.

"Pokdarwis ini terbentuk dari masyarakat sekitar destinasi, utamanya para pemuda dan pemudinya yang dibina oleh Dispar Tanggamus, 

bagaimana cara mengelola destinasi yang baik dan benar serta profesional, dengan mengedepankan sapta pesona wisata,"terangnya. 

Ia menambahkan, Sekarang ada 18 lokasi destinasi wisata sudah terbentuk Pokdarwis dari unsur pemuda setempat, nah pokdarwis inilah yang mengelola destinasi wisata dibawa pantauan dinas.

Sumber: