8 Kue Khas Lampung Pesisir, Tanggamus. Kue Ini Dianggap Sakral

8 Kue Khas Lampung Pesisir, Tanggamus. Kue Ini Dianggap Sakral

Ada 8 kue yang dianggap saklar oleh adat lampung pesisir. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Indonesia adalah salah satu negara kepulauan. Masing-masing pulau memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. 

Hal tersebut yang menyebabkan Indonesia menjadi satu negara yang memiliki kebudayaan terbanyak di dunia.

Salah satu kebudayaan yang yang dimaksud adalah makanan tradisional. Masing-masing daerah itu memiliki kuliner tradisional yang berbeda dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Makanan tradisional Indonesia adalah semua jenis sajian masakan yang berasal dari berbagai wilayah, baik resep maupun cara pengolahan yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Cita rasa kuliner tradisional yang khas dari satu wilayah tentunya berbeda dengan wilayah lainnya. Inilah yang mengakibatkan kuliner tradisional mempunyai banyak keunikan tersendiri dan kaya aneka rasa. 

Kebudayaan di sisi lain tentunya satu hal yang harus dilestarikan, begitu juga dengan kuliner tradisional yang ada di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, khususnya kue khas suku lampung yang dipercaya mempunyai makna sendiri.

Berikut kue tua lampung yang sudah jarang terlihat.

1. Cucukh

Cucukh merupakan salah satu kue khas suku lampung, cucukh ini biasanya dihidangkan saat acara-acara adat, karena kue ini masuk dalam katagori kue tua atau kue keramat

Selain itu kue ini dibuat hanya pada acara-acara tertentu. Kue cucukh ini warna kecoklatan rasanya manis, gurih, kenyal dan jika anda mencobanya pasti ketagihan

2, JUADAH 

Kue selanjutnya adalah Juandah. Kue ini rasanya sangat manis dan kenyal. Kue ini seperti lapis legit, namun yang membedakan pada ketebalan dan rasanya. Juadah kalau disuku lampung masuk dalam katagori kue tua, tapi saat ini sudah banyak di jual dipasaran.

3, WAJIK 

Sumber: