Optimalisasi PAD, Pemkab Tanggamus Wacanakan Bentuk OPD Baru

Optimalisasi PAD, Pemkab Tanggamus Wacanakan Bentuk OPD Baru

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan memimpin rapat evaluasi optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah tahun anggaran 2023. Rapat berlangsung di ruang rapat Bappeda Provinsi Lampung, Rabu 25 Oktober 2023. Fot--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melaksanakan rapat evaluasi optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penerimaa n pajak daerah dan retribusi daerah tahun anggaran 2023.

Rapat evaluasi yang berlangsung di ruang rapat Bappeda Provinsi Lampung itu dipimpin Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan,Rabu 25 Oktober 2023.

Turut hadir dalam rapat, Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis,Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vanisa, Inspektur Tanggamus Ernalia, Kepala Bapperida Hendra Wijaya Mega, Kepala BPKD Okta Rizal, Kadis Kominfo Suhartono dan Kabag Hukum Arief Rakhmat.

Menurut Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan dari hasil rapat evaluasi yang telah dilakukan maka jajaran Pemkab Tanggamus optimis dapat meningkatkan PAD.

BACA JUGA:Pendapatan Tanggamus Tahun 2024 Diproyeksikan Rp1,7 Triliun, Belanja Rp1,6 Triliun

Dikatakan Mulyadi Irsan bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan PAD maka diperlukan kelembagaan baru yang fokus untuk menggali potensi PAD.

"Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) akan dikembangkan lagi untuk menjadi badan atau dinas pendapatan yang lebih teknis dalam menggali dan mengelola PAD,"katanya.

Untuk itu, lanjut Mulyadi Irsan, dalam mencapai PAD, tersebut, Pemkab Tanggamus akan melakukan sejumlah strategi

“Tentu, pemda memiliki target yaitu dengan membuat Perda untuk mengatur pajak sudah harus terbit, sehingga setiap OPD dapat memaksimalkan pendapatan,”katanya.

BACA JUGA:Anggaran Pendapatan Bertambah Rp10 Milyar

Untuk jangka pendek, kata Mulyadi akan dibentuk UPTD Pendapatan di beberapa wilayah sehingga memudahkan rentang kendalinya.

“Semoga rapat evaluasi yang dilaksanakan hari ini, serta strategi – strategi yang dilakukan berjalan dengan lancar untuk peningkatan dan optimalisasi PAD Tahun 2023,”pungkas Mulyadi Irsan.(*)

 

Sumber: