Mengenal Suku Bajo, Suku Asal Indonesia Ini Mampu Menyelam Puluhan Meter Kedalam Laut Tanpa Alat

Mengenal Suku Bajo, Suku Asal Indonesia Ini Mampu Menyelam Puluhan Meter Kedalam Laut Tanpa Alat

Inilah suku bajo yang mampu menyelam hingga puluhan meter kebawah laut tanpa alat. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID- Indonesia terkenal mempunyai beragam suku dan budaya, salah satu suku yang tersohor dan terkenal memiliki kehebatan terutama menyelam adalah Suku Bajo

Orang Suku Bajo sendiri mempunyai keunikan dalam hal mencari ikan, yaitu mampu menyelam ke dalam lautan hingga kedalaman 70 meter. 

Hal ini dilakukan dengan sekali tarikan napas. Tidak hanya itu Suku Bajo juga mampu menyelam tanpa menggunakan pakaian khusus ataupun alat bantu pernapasan. 

Menurut data dari berbagai sumber.

Bahwa Suku Bajo yang dikenal dengan sebutan suku Bajau, suku Badjaw, suku Sama, atau suku Same tersebut mempunyai budaya maritim yang kuat. 

Termasuk tinggal di permukiman terapung di laut lepas. Mereka bermata pencaharian mayoritas sebagai nelayan, dan hampir sebagian suku ini sangat ahli dalam menyelam.

Yang lebih hebatnya lagi, mereka gunakan hanyalah kacamata renang yang terbuat dari kayu hanya untuk mencegah air masuk ke mata.

Karena, suku ini mengandalkan kemampuan berenang dan menyelam dalam bertahan hidup, yakni ketika mencari ikan.

Tidak heran, jika suku Bajo sampai dijuluki sebagai manusia laut.

Karena keunikannya, dalam kehidupan suku Bajo sempat menjadi inspirasi film Hollywood berjudul Avatar: The Way of Water.

Film ini sepenuhnya menceritakan kehidupan masyarakat planet lain yang bertahan hidup di lingkungan laut dan pantai.

Suku Bajo yang terkenal bisa berenang dan menyelam itu menjadi salah satu sumber inspirasinya!

Suku Bajo merupakan salah satu etnik yang dikenal sebagai bangsa penjelajah lautan yang tinggal di atas perahu dan masih mengandalkan posisi bintang sebagai penunjuk arah.

Sumber: