Daun Jarak Mengandung Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Mulai Dari Melawan Bakteri Hingga Penyakit Kuning

Daun Jarak Mengandung Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Mulai Dari Melawan Bakteri Hingga Penyakit Kuning

Jarak banyak digunakan sebagai obat herbal alami. Foto ilustrasi pixabay--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami

Pasalnya, tanaman ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya seprti, alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempderol, dan lain lain. 

Berbagai kandungan tersebut diyakini dapat mengatasi beragam gangguan penyakit. Dengan demikian tak heran jika daun tersebut dijadikan bahan obat alami  untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Daun jarak ini diyakini mampu mengatasi beberapa penyakit seperti meredakan demam pada anak, meredakan perut kembung, hingga mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat daun jarak untuk kesehatan

1.Mampu Melawan Bakteri

Daun jarak diyakini dapat melawan bakteri dalam tubuh. Pasalnya, daun ini memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan bakteri dermatopik dan patogenik.

Guna memaksimalkan manfaat daun jarak tersebut kamu bisa mencampur ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton. 

2.Mengatasi sembelit

Mengonsumsi rebusan daun jarak dapat mengatasi sembelit. Pasalnya, daun ini dikenal sebagai obat pencahar alami karena sering digunakan untuk melancarkan buang air besar.

3.Mengobati Batuk dan Melancarkan Dahak

Tidak hanya daunnya yang digunakan sebagai obat alami. Namun akar jarak juga diyakini dapat mengobati batuk. Baik batuk biasa maupun batuk berdahak.

Jika anda sedang mengalami hal tersebut bisa mencoba air rebusan tersebut diminum di pagi dan sore hari. 

4. Pengobatan penyakit kuning

Sumber: