Banjir di Pematang Sawa, Tanggamus, Jembatan Ambruk, Satu Motor Masuk Sungai, Pengendara Luka-luka

Banjir di Pematang Sawa, Tanggamus, Jembatan Ambruk, Satu Motor Masuk Sungai, Pengendara Luka-luka

Banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Pematangsawa menyebabkan satu jembatan amruk dan sebabkan satu motor terjatuh dan hilang terbawa arus sungai. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Hujan dengan intensitas lebar yang terjadi di Kabupaten Tanggamus sejak Rabu 29 November 2023 menyebabkan banjir bandang di Pekon Tanjungan dan Pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Kamis dini hari, 30 November 2023.

Selain menggenangi pemukiman warga dan area perkebunan, banjir juga menyebabkan satu jembatan ambrol di Pekon Batu Raja.

Material longsor, berupa lumpur dan bebatuan juga menutupi akses jalan utama, sehingga masyarakat bersama aparat gabungan TNI/Polri, BPBD dan aparat Pekon bahu membahu membuka jalan.

"Jembatan belum dapat dilalui kendaraan, jembatan patah. Untuk melintas, harus melalui jalur alternatif khusus motor dan kendaraan roda empat berukuran kecil,"ujar salah satu warga Pekon Betung Renaldi.

BACA JUGA:Catat! Nilai Hasil PPPK 2023 Kabupaten Tanggamus Berdasarkan pada Nilai Seleksi Kompetensi Sistem CAT

BACA JUGA:BPBD Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Jembatan yang ambruk juga menyebabkan sepeda motor Yamaha Vixion Nopol B 4023 NL terperosok ke dalam sungai.Pengendara sepeda motor bernama Dedi (30) itu mengalami luka pada bagian dagu dengan 4 jahitan sedangkan penumpangnya atas nama Supri (39) alami luka lecet.

Keduanya merupakan warga Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) berhasil diselamatkan oleh warga,namun sepeda motornya hilang terbawa arus sungai.

Dari informasi yang dihimpun, pengendara dan penumpang motor saat itu, melintas di jalan pada pukul 03.00 WIB. Saat itu kondisi jalan tergenang banjir sehingga pengendara berupaya menghindari banjir ditambah kondisi gelap sehingga tidak tahu kalau jembatan sudah ambruk.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Samsuri, Kapolsek Pematang Sawa Ipda Arifjanto, personel TNI, Kepala Pekon Tanjungan Barzani bersama dengan warga berupaya melakukan pembersihan material banjir yang menutupi jalan di Pekon Tanjungan secara manual.(*)

Sumber: