Antisipasi Berita Hoax, KPU Pringsewu Sosialisasikan Peran Media di Tahapan Pemilu 2024

Antisipasi Berita Hoax, KPU Pringsewu Sosialisasikan Peran Media di Tahapan Pemilu 2024

KPU Pringsewu Sosialisasikan Peran Media di Tahapan Pemilu 2024--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dalam rangka Penanganan Berita Hoax serta Peran Media Dalam Tahapan Kampanye Pemilihan Umum 2024 di Hotel Regency Gadingrejo, Pringsewu, Sabtu (2/12).

 

Sosialisasi yang diikuti para awak media, menghadirkan narasumber Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah, Ketua KPID Provinsi Lampung Budi Jaya Idris, Iptu Eko Sujarwo dari Satbinmas Polres Pringsewu dan Kapten CKU Saleh Umar dari Kodim 0424 serta Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu Suprondi. 

 

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu Sofyan Akbar Budiman dalam sambutan pembukaan mengatakan pelaksanaan Pemilu saat ini sudah masuk tahapan kampanye yang telah dimulai sejak 28 November 2023 dan akan berakhir pada 10 Februari 2024. Selanjutnya, KPU akan melakukan rekrutmen KPPS yang pengumumannya nanti akan dilakukan pada 11 Desember 2023.

 

"Penting diketahui bahwa pada Pemilu 2024 nanti akan menggunakan sistem aplikasi SIREKAP atau Sistem Informasi Rekapitulasi Suara, yang diharapkan bisa mempermudah sekaligus dalam rangka keterbukaan kepada publik terkait hasil-hasil Pemilu," katanya. 

 

Lanjut Sofyan, pihaknya sedang melaksanakan tahapan pengadaan logistik. Untuk hal ini, beberapa logistik Pemilu telah diterima oleh KPU Kabupaten Pringsewu. Sedangkan untuk logistik kertas suara akan dicetak mulai 19-20 Desember 2023.

 

"Kami berharap rekan-rekan media juga dapat turut menyosialisikan tahapan-tahapan Pemilu," harapnya. 

 

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah yang menjadi salah satu narasumber dalam paparannya mengatakan pers berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan Pemilu, dengan melaporkan praktik-praktik curang, sejak tahap pendaftaran pemilih hingga penghitungan suara. 

 

Sumber: