Tinjau Tanggul Sungai Way Belu dan Way Awi, Pj Bupati Tanggamus Segera Upayakan Penanggulangan Bencana

Tinjau Tanggul Sungai Way Belu dan Way Awi, Pj Bupati Tanggamus Segera Upayakan Penanggulangan Bencana

Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan meninjau kondisi tanggul sungai Way Belu yang terkikis dan jebol. Foto Diskominfo Tanggamus--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan meninjau kondisi tanggul Sungai Way Belu dan Way Awi yang jebol pasca diterjang banjir, Selasa 5 Desember 2023.

Saat meninjau kondisi tanggul sungai, Pj Bupati didampingi Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha, Camat Kotaagung Barat Agus Somad serta kepala pekon setempat.

Dari hasil peninjauan tersebut, beberapa titik tanggul sungai Way Belu di Pekon Banjar Masin, Kecamatan Kotaagung Barat, sudah jebol dengan panjang sekitar 300 meter.

Selain itu beberapa titik sungai Way Belu lainya di Pekon Negara Batin kondisinya sudah tergerus dan nyaris jebol.

BACA JUGA:Bukan Begal, Pria Yang Ditangkap Warga di Depan Puskemas Kota Agung Ternyata Jambret

Demikian juga dengan beberapa tanggul sungai Way Awi di Pekon Banjarmasin dan Way Gelang yang sudah terkikis dan nyaris jebol.

Menindak lanjuti hal itu, Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan mengatakan, Pemkab Tanggamus akan segera menurunkan alat berat jenis eksavator untuk penanggulangan bencana.

Selain itu, Pj Bupati Tanggamus juga tampak langsung berkoordinasi dengan Bidang Pengairan Provinsi Lampung agar mengupayakan penanggulangan sungai di Kabupaten Tanggamus yang kondisinya sudah memprihatinkan, khususnya di Sungai Way Belu dan Way Awi.

Terkait pembronjongan tanggul sungai yang diharapkan masyarakat setempat, Pj Bupati mengharapkan agar pemerintah pekon secepatnya mengajukan proposal ke dinas terkait seperti BPBD, PUPR Kabupaten Tanggamus maupun provinsi agar bisa terealisasi di Tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Bukan Hanya Glamping, di Wisata Muara Rahong Pengalengan, Bisa ATV Hingga Rafting

"Untuk penanggulangan tanggul bronjong di  Pedukuhan Sukabanjar dan dusun Banjar Masin Timur, Pemerintah Pekon masing masing diharapkan untuk mengajukan proposal secepatnya ke dinas terkait BPBD, PUPR Kabupaten Tanggamus bidang pengairan dan PUPR Bina Marga provinsi bidang pengairan agar di tahun 2024 bisa terealisasi," ungkapnya. 

Diberitakan sebelumnya, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan debit air meningkat dan mengakibatkan tanggul sungai Way Belu jebol pada Minggu malam, 3 Desember 2023, sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Akibatnya, sejumlah rumah di dusun Banding Baru Pekon Kanyangan terendam banjir.

Sumber: