ASN di Pringsewu Harus Terapkan Nilai Berakhlak

ASN di Pringsewu Harus Terapkan Nilai Berakhlak

Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah dalam sambutan membuka Workshop Pengembangan Kompetensi dan Penguatan Sumber Daya Manusia (SDA) yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pringsewu di Hotel Urbansytle P--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID -  Para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu diharapkan dapat menjadi ASN yang Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif (BERAKHLAK).

 

Hal ini diungkapkan Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah dalam sambutan membuka Workshop Pengembangan Kompetensi dan Penguatan Sumber Daya Manusia (SDA) yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pringsewu di Hotel Urbansytle Pringsewu, Jumat (15/12).

Workshop yang diikuti puluhan ASN di lingkungan Pemkab setempat dengan menghadirkan 2 orang narasumber yakni Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Lampung, Yurnalis, S.IP., M.Si. dan Public Speaking Master Trainer, Samsul Rahman, M.A. 

 

Karena Menurut Adi Erlansyah, Di dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai ASN berdasarkan Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN, maka seluruh ASN diharapkan menjadi ASN yang BERAKHLAK.

"Nilai-nilai ASN Berakhlak merupakan fondasi baru bagi ASN demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Untuk itu juga diharapkan ASN juga mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi terhadap dirinya, dengan terus meningkatkan kinerja secara terus menerus, dan selalu belajar untuk meningkatkan kapasitas,serta menyesuaikan perilaku dengan core values, "kata dia. 

 

Lanjut Adi Erlansyah, Penetapan core values ASN BerAKHLAK dilakukan sebagai akselerasi transformasi ASN. Momentum perubahan ini mendukung pelaksanaan program prioritas kerja Pusat terkait Pembangunan Sumber Daya Manusia. 

"Semua itu guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki profil pekerja keras, dinamis, terampil, dan menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Profesi ASN juga patut dibanggakan karena ASN diberi pengakuan dan penghargaan yang adil, diberi kesempatan meningkatkan kompetensi seluas-luasnya, dan diberi kesempatan terbuka untuk berkarier, "terang dia. 

 

Ditegaskan Adi Erlansyah, Nilai utama ASN yang berakhlak adalah dengan bangga melayani bangsa, agar seluruh insan pengayoman menjadi pribadi yang bersih, jujur, dan melayani dengan baik.

Selain itu juga menurut Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS Pasal 231 Bahwa PNS yang menunjukan Kesetiaan, Pengabdian, Kecakapan, Kejujuran, Kedisiplinan dan Prestasi kerja dalam melaksanakan tugasnya dapat diberikan penghargaan, dan salah satunya terdapat di pasal 232 poin c yaitu kesempatan Prioritas untuk Pengembangan Kompetensi. 

Sumber: