Yakin Masih Berani Kesini, Tempat Uji Nyali Gua Matu Destinasi Wisata Religi di Kabupaten Pesisir Barat

Yakin Masih Berani Kesini, Tempat  Uji Nyali Gua Matu Destinasi Wisata Religi di Kabupaten Pesisir Barat

Yakin Masih Berani Kesini, Tempat Uji Nyali Gua Matu Destinasi Religi di Kabupaten Pesisir Barat. Foto/ Facebook --

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Bagi sebagian besar masyarakat Provinsi Lampung mungkin baru mendengar nama Gua Matu yang merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Padahal, keberadaan gua yang cukup dikenal masyarakat kabupaten berjuluk Tanah Para Saibatin dan Ulama ini terletak di Dusun Kayu Lada, Desa Way Sindy Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa.

Untuk menuju lokasi yang berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat Kota Krui ini dibutuhkan waktu 25 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

BACA JUGA:5 Tempat Angker di Lampung yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Sedangkan jika kita dari Bandar Lampung jarak yang harus kita tempuh sekitar 253 kilometer melewati beberapa kabupaten antara lain Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Utara, dan Lampung Barat.

Konon menurut cerita Goa Matu dihuni oleh 12 kerajaan gaib yang keberadaannya tersebar di kabupaten termuda di Provinsi Lampung.

Kerajaan gaib yang menghuni Goa Matu antara lain Pantai Manulah, Gua Sayar, Batu Lawang, Semincak, Pemancar, Batu Mandi, Wai Nelon, Dewa Tuha Mandiri, Serunting Sakti, Kerajaan Melasti, Wai Haru, Pulau Betuah.

BACA JUGA:8 Misteri Goa Di Pulau Jawa. Tempatnya Dipercaya Selain Indah Juga Angker

Bahkan saat hendak memasuki pintu masuk goa, terdapat pemandangan yang mungkin terbilang tidak biasa, karena terdapat tiga ekor ular besar yang bertengger di samping goa.

Pengurus Gua Matu, Makmur Hakim bin Maknal Hakim (60) mengatakan, dirinya merupakan generasi ke-15 dari keturunan Raden Jaga Niti.

Gua Matu menurut cerita nenek moyang ditemukan pada masa penjajahan Inggris oleh Puyang Sawalludin dengan gelar Raden Jaga Niti.

BACA JUGA:Yakin Berani Kesini! Lima Tempat Paling Angker Di Lampung

Di balik cerita mistis yang terkandung di dalamnya, Gua Matu mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri.

Jika berniat menuju Gua Matu, Anda akan menaiki 299 anak tangga yang dibangun Pemkab Pesibar.

Sumber: