Pemkab Tanggamus Sambut Baik Rencana Pembangunan Jembatan Way Kandis

Pemkab Tanggamus Sambut Baik Rencana Pembangunan Jembatan Way Kandis

Jembatan Way Kandis Pekon Kagungan Kecamatan Kota Agung Timur yang rencananya dibangun duplikasinya oleh BPJN Lampung di tahun 2024 ini. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Rencana Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) membangun duplikasi jembatan Way Kandis di Pekon Kagungan Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus direspon baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus menyambut baik rencana pembangunan jembatan Way Kandis tersebut.

Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi melalui, Kepala Bidang Bina Marga, Bowo Nugroho mengatakan bahwa pembangunan jembatan Way Kandis merupakan program pemerintah untuk mengganti semua jembatan tipe Callender Hamilton, yang rata-rata dibangun tahun 1970-an atau sudah melewati usia layanan 50 tahun sehingga rentan runtuh karena beban angkutan berat.

"Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas PUPR akan mendukung pelaksanaan pembangunan Jembatan Way Kandis,"kata Bowo Nugroho.

BACA JUGA:Jembatan Way Kandis, Kota Agung Timur Dibangun Tahun Ini

BACA JUGA:Akses Betung Bisa Dilintasi, Gotong Royong Bangun Jembatan Sementara Libatkan Kakon Hingga Camat

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Jembatan Way Kandis di Pekon Kagungan Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, mulai berjalan di tahun 2024 ini.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Susan Novelia.

Menurut Susan, di tahun 2024 ini, BPJN Lampung rencananya membangun dua jembatan baru, yaitu jembatan Way Kandis di Kabupaten Tanggamus dan jembatan Way Sabuk di Lampung Utara.

"Jembatan yang lama dihancurkan, kita ganti baru di tempat yang sama," Susan seperti dikutip dari radarlampung.disway.id.

Dalam pembangunan jembatan baru tersebut,lanjut Susan, dirinya berharap dukungan masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

"Nanti kita memanfaatkan ruang di sisi kiri dan kanan untuk area kerjanya. Jadi itu kita minta dukungan masyarakat setempat dan pemda untuk menyewakan lahannya pada saat kita melakukan kegiatan penggantian jembatan,"ucap Susan.

Ia menambahkan, bahwa tahun 2024 ini BPJN Lampung mendapat anggaran Rp450 miliar.Khusus untuk kegiatan preservasi jalan dan perbaikan jembatan nasional di tahun 2024 sebesar Rp370 miliar dari total budget Rp 450 miliar.(*)

 

Sumber: