Bulan Ramadhan, Harga Ikan Nila di Pringsewu Naik

Bulan Ramadhan, Harga Ikan Nila di Pringsewu Naik

Para petani di kecamatan Pagelaran kabupaten Pringsewu saat melakukan panen ikan--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Harga ikan air tawar di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung dibulan Ramadhan mengalami kenaikan, khususnya jenis ikan Nila.

 

Rico Chandra, seorang peternak ikan di Pekon Karangsari, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu mengatakan, kenaikan harga ikan air tawar khususnya Nila, saat ini mencapai Rp 27 ribu/kg di tingkat petani/peternak, dari sebelumnya sekitar Rp 22-23 ribu/kg.

 

"Itu khusus harga untuk di tingkat peternak atau petani ikan. Sedangkan untuk harga eceran di pasaran bisa mencapai lebih dari Rp 30 hingga 35 ribu," katanya.

 

Menurut Rico, kenaikan harga ikan nila tersebut dikarenakan meningkatnya permintaan konsumen, terutama memasuki bulan Ramadan. Sedangkan faktor harga pakan, tidak begitu banyak berpengaruh. 

 

"Yang lebih menentukan harga itu biasanya agen, yang memanfaatkan momen hari-hari besar, seperti tahun baru, atau bulan puasa dan lebaran," ujarnya. 

 

Kenaikan harga ikan air tawar, khususnya nila juga diakui oleh Ana, seorang ASN warga Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo, dimana harga ikan nila di pedagang pasar saat ini mencapai Rp 33 ribu/kg. Begitu pula Sri Mulyawati, dimana dirinya membeli ikan nila bahkan dengan harga Rp 35 ribu/kg. (*/ )

Sumber: